PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN KEJELASAN SASARAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL

(Studi Empiris Pada Satker Wilayah Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara di Muaro Sijunjung)

Authors

  • Yufit Vroniangela

Keywords:

Partisipasi Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran, Kinerja Manajerial, Satker Perbendaharaan Negara Kabupaten Muaro Sijunjung

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh partisipasi anggaran dan kejelasan sasaran anggaran terhadap kinerja manajerial pada Satker Daerah pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Muaro Sijunjung. Pengolahan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model regresi berganda. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden penelitian melalui penyebaran kuesioner. Sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling.

Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa variabel partisipasi anggaran berpengaruh secara parsial dan positif terhadap kinerja manajerial dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Variabel kejelasan target anggaran berpengaruh secara parsial dan positif terhadap kinerja manajerial dengan nilai sig (0,011 < 0,05). Variabel partisipasi anggaran dan kejelasan target anggaran secara simultan berpengaruh terhadap kinerja manajerial, hal ini terlihat dari nilai signifikansi (0,000 < 0,05) pada Satker Wilayah Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Muaro Sijunjung.

Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya Satker Wilayah Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Muaro Sijunjung diharapkan dapat mempertahankan keberhasilan partisipasi penyusunan anggaran dan diharapkan pegawai meningkatkan kualitas dalam kejelasan target anggaran seperti berpartisipasi dalam pelatihan bagi pegawai Satker Daerah Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Muaro Sijunjung.

 

References

Bulan, R. F. (2017). …Partisipasi Anggaran dan Kejelasan Sasaran Anggaran terhadap Job Relevant Information Serta Implikasinya pada Senjangan Anggaran (Studi pada Pemerintah Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi.
Gusti dkk. (2014). Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Desentralisasi Dan Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi …. e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 2. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/2879
Garrison, R. H., Eric, W. N., & Petter, C. B. (2015). Akuntansi Manajerial Jakarta: Salemba Empat.
Ghozali, I. (2013). Analisis Multivariate dengan program IBSM SPSS21. Semarang: Universitas Diponegoro.
Mahoney, T. A. (2017). Jardee and S. J. Caroll.
Muhammad, R. (2016). Akuntabilitas keuangan pada organisasi pengelola zakat (OPZ) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Accounting and Investment. Diambil dari http://journal.umy.ac.id/index.php/ai/article/view/883
Robbins, S. P. (2015). Prinsip-prinsip perilaku organisasi. Jakarta: Erlangga.
Sekaran, U. (2014). Research methods for business metedologi penelitian untuk bisnis. 1.
Simamora, H. (2015). Akuntansi manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Downloads

Published

2022-03-05

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.