PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PADA SISWA KELAS XI BUSANA SMK NEGERI 6 PADANG

Authors

  • Fidelis Aprianus Dachi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ekasakti
  • Dina Novarina Perdana Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.31933/jangka.v1i1.177

Keywords:

lkpd, stem, smkn 6

Abstract

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANSCIENCE,TECHNOLOGY,ENGINEERING ANDMATHEMATICS(STEM)UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PADASISWA KELAS XI BUSANASMK NEGERI 6PADANGOlehFidelis Aprianus DachiNo BP 1510003715002ABSTRAKPenelitian ini berawal dari observasi di sekolah bahwa dalam prosespembelajaran matematika belum sepenuhnya mencapai tujuan pembelajaran.Minat belajar matematika pesertadidik masih kurang dan efikasi diri peserta didikmasih rendah. Selama proses pembelajaran digunakan bahan ajar yang belumsesuai untuk memecahkan masalah-masalah tersebut. Dari permasalahan yangada, diperlukan suatu terobosan baru yang menuntut guru untuk menciptakansuatu bahan ajar yang sesuai dan mampu meningkatkan efikasi diri peserta didik.Salah satu terobosan yang dimaksud yaitu dengan menciptakan bahan ajar berupaLembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaranscience,technology, engineering, and mathematics(STEM). Penelitian ini bertujuanuntuk mengembangkan bahan ajar berupa LKPD dengan menggunakan modelpembelajaran STEM untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik.Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakanmodelpengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu 1)define(pendefinisian), 2)design(perancangan), 3)development(pengembangan) dan 4)disseminate(penyebaran). LKPD yang dikembangkan dan divalidasi oleh beberapa ahli.Selanjutnya diujicobakanuntuk melihat kepraktisan dan keefektifan dari LKPDdikelas XI Busana 3 SMKN 6 Padang. Kepraktisan dilihat melalui hasil analisisangket respon siswa dan guru. Keefektifan dilihat melalui hasil analisis akhirangket efikasi diri siswa.Hasil validasi LKPDoleh ahli diperoleh bahwa LKPD dengan modelpembelajaran STEM dikategorikan valid. Hasil penggunaan LKPD oleh gurudiperoleh LKPD yang praktis, sedangkan penggunaan LKPD oleh siswa diperolehLKPD yang sangat praktis. Efektifitas LKPD dilihat dari hasil analisis akhirangket efikasi diri siswa, hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD denganmodel pembelajaran STEM dapat meningkatkan efikasi diri siswa. Dengandemikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan model pembelajaran STEMyang dikembangkan telah valid,praktis, dan efektif.

References

A.M. Sadirman. 2011. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : rajawali.
Arikunto, Suharsimi. 1996.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
--------------------------. 2009.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bandura, A. 1997. Self-Efficacy: TheExer-ciseof Control. NewYork: W.H. Freemanand Company.
Darmawan, Deni. 2017. Model Pembelajaran Di Sekolah. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Dahlan, J. A. 2011. Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Feist. J. & Feist. G. J. 2008.Teori kepribadian : theories of personality (edisi 7). Jakarta : salemba humanika
Gufrons, Nur. 2013. Efikasi diri dan hasil belajar matematika: Meta-analisis. STAIN Kediri. Bulletin Psikologi. ISSN:0854-7108. (download.portalgaruda.org. article.php.
Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep strategi pembelajaran. Bandung : Refika Aditama
Ismayani, Ani. 2016. Pengaruh penerapan STEM projrct based learning terhadap kreativitas matematis peserta didik SMK.http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/wp-content/uploads/IME-U3.4-07.Ani_ismayani.pdf. Diakses laman web tanggal 13 desember 2018.
Isrok’atun ,dkk. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta. Bumi Aksara.
Laboy-Rush, D. 2010. Integrated STEME ducation through Project-Based Learning. NewYork:Learning.com.
Lubis. 2011. Metodologi penelitian pendidikan. Padang: Sukabina Press
Lukmayanti, arista. 2012. Hubungan efikasi diri dengan minat berwirausaha siswa kelas XII program keahlian jasa boga di SMKN 6 Yogjakarta.http://eprints.uny.ac.id/9625/1/ARISTA%20LUKMAYANTI%2008511241006.pdf. Diakses laman web tanggal 29 desember 2018.
Manara U. 2008. Hubungan antara self efficacy dan resilience pada mahasiswa psikologi UIN Malang. Skripsi pada strata 1 fakultas psikologi UINMaliki Malang: tidak diterbitkan.
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Miarso. 2004. Menyemai Benih teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Milaturrahmah, Naila. 2017. Proses pembelajaran mateamtika disekolah berbasis science, technology, engineering, mathematics (STEM). http://eprints.uns.ac.id/36492/.
Mofit. 2003. Cara mudah menggambar. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Mukhid, abdul. 2009. Self Efficacy: Perspektif Teori Kognitif Sosial Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Tadris (Vol 4, No 1).
--------------------. 2006. Self Efficacy: Perspektif Teori Kognitif Sosial Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Tadris (Vol 4, No 1).
Noer, Sri Hastuti. 2012. “Self-Efficacy Mahasiswa Terhadap Matematika”. FKIP universitas lampung. Prosiding, (online), ISBN:978-979-16353-7, P-86, (http://eprints, uny.ac.id/0098/I/P%20-%2086.pdf,
Oktaviandy, Nieveen, dkk. 2012. Pengertian Evaluasi , Pengukuran, dan Penilaian dalam Dunia Pendidikan. http://navelmangelep.wordpress.com/2012/02/14pengertian-evaluasi-pengukuran-dan-penilaian-dalam-dunia-pendidikan/.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Duva Press.
--------------------. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Purwanto, M. Ngalim. 2005. Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung : remaja rosdakarya.
----------------------------. 2009. Tujuan Pembelajaran dan Hasil Belajar. Jakarta : Jurnal Teknodik Depdiknas.
Ridwan. 2005. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: alfabeta.
Riduwan. 2012. Pengantar Statistika Sosial. Bandung : Alfabeta.
-----------. 2014. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Riyanto,Yatim. 2009. Pradigma Baru Pembelajaran. Sebagai Referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif. Jakarta: Kencana.
Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta : Mandar Maju
Setyono, Arie Sandi. 2007. Mathemagks Cara Belajar Jenius Matematika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Somakim. 2011. “self-efficacy.”(http://eprints.unsri.ac.id/1529/1/pidato-ilmiah-FKIP-21-maret-2011).
Sudijono, Anas. 1995. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2005. Metode statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Universitas pendidikan Indonesia.
Sukardi. 2007. Evaluasi pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
---------. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Triadi, Yuniarto. 2017. Model Pembelajaran STEM. (online). yuniartotriadi13.blogspot.com/2017/05/model-pembelajaran-stem.html.
Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana Prenada.
---------. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
---------. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tsupros, N. R. Kohler, dan J. Hallinen. 2009. STEM education: a projecttoidentifythe missing components acollaborative study conducted by theIU 1 center for STEM education and carnegie mellon university.
Uno, H. dkk. 2013.Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wena. 2009. Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Downloads

Published

2021-02-01

How to Cite

Fidelis Aprianus Dachi, & Dina Novarina Perdana. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PADA SISWA KELAS XI BUSANA SMK NEGERI 6 PADANG. JANGKA Jurnal Pendidikan Matematika Ekasakti, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.31933/jangka.v1i1.177