Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah SMPN 6 Padang Dalam Meningkatkan SDM Tenaga Pengajar

Main Article Content

Yabestia Andani Bidaya
Sumartono Mulyodoharjo
Netrivianti Netrivianti

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kepala sekolah sebagai pemimpin yang dituntut untuk memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memimpin, memngambil inisiatif, komitmen yang kuat untuk meningkatkan mutu pada tenaga pengajar secara optimal. Tujuan penelitian adalah untuk melihat efektivitas, perilaku, dan perhatian kepala sekolah yang berpengaruh signifikan dalam meningkatkan tenaga pengajar di SMPN 6 Padang. Metode yang digunakan penelitian adalah asosiatif kausal dengan teknik kuantitatif. Teknik mempelajari data dengan kuesioner. Populasi yang digunakan adalah seluruh guru dan staf di SMPN 6 Padang dengan jumlah 55 orang dan sampel penelitian keseluruhan dari jumlah populasi disebut dengan teknik sampling jenuh. Uji asumsi klasik yang digunakan uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, asumsi klasik, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh pada variabel kemampuan kepala sekolah (X1), perilaku kepala sekolah (X2), dan perhatian kepala sekolah (X3) dengan SDM tenaga pengajar (Y) sebesar 0,245 atau 24,5% sedangkan sisanya sebesar 75,5% oleh faktor lain yang tidak termasuk ke dalam penelitian ini. Kesimpulan dalam penelitian kemampuan kepala sekolah dan perilaku kepala sekolah tidak berpengaruh siginifikan dengan SDM tenaga pengajar. Sedangkan perhatian kepala sekolah berpengaruh signifikan dengan SDM tenaga pengajar. Secara simultan ada pengaruh pada kemampuan kepala sekolah, perilaku kepala sekolah, dan perhatian kepala sekolah dengan SDM tenaga pengajar. Saran dalam penelitian ini adalah kepala sekolah perlu mengembangkan kemampuan kepada guru dengan memberikan pelatihan, bimbingan, dan arahan serta mengikuti seminar agar dapat meningkatkan kualitas guru sebagai tenaga pengajar, untuk meningkatkan SDM tenaga pengajar kepala sekolah perlu melakukan evaluasi dan melaksanakan evaluasi yang rutin untuk meningkatkan kinerja Guru, hubungan komunikasi yang baik agar dapat terjalin kerjasama antara personel sekolah, penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan hasil penelitian dengan melibatkan variabel-variabel yang relevan, serta menjadi referensi.

Article Details

How to Cite
Andani Bidaya, Y., Mulyodoharjo, S., & Netrivianti, N. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah SMPN 6 Padang Dalam Meningkatkan SDM Tenaga Pengajar. Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 1(1), 66-75. https://doi.org/10.31933/jiee.v1i1.101
Section
Articles

References

Alma Buchari, 2009, Guru Profesional Menguasai dan Terampil Mengajar, Bandung: Alfabeta
E. Mulyasa, 2003, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
E. Mulyasa, 2012, Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung, Rosdakarya
Hendyat Suetopo dan Wasty Suemanto, 1984, Kepemimpinan Supervisi Pendidikan, Malang, Bina Aksara
Kartini Kartono, 2011, Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT Raja Grafinfo Persada
Mangkunegara. Anwar, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Remaja Rosdakarya
Riduwan, 2011, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti pemula, Bandung: Alfabeta
Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi, 2012, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Edisi Ketiga, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Rivai Veithzal, 2013, Pemimpinan dan Kepemimpinan dalam Organisasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Rusdiana, 2015, Pengelolaan Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia
Sardiman, 2005, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Graya Grafindo Persada
Suharsimi Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta
Soebagio, 2000, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: PT. Ardadizya Jaya
Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Susilo Martoyo, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, BPFE
Sutikno, 2014, Pemimpin dan Kepemimpinan: Tips Praktis Untuk Menjadi Pemimpin yang di idolakan, Lombok: Holistica Lombok
Wibowo, 2012, Aplikasi Praktis SPSS Dalam Penelitian, Yogyakarta: Gava Media
Widodo, 2017, Metodologi Penelitian Pupuler dan Praktis, Jakarta: Rajawali Pers
Zamroni, 2001, Paradigma Pendidikan Masa Depan, Yogyakarta, Graha Ilmu
Ermi Nurfitriah, 2017, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru di MTS Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung
Mulia, R. A. (2019). Influence Of Public Policy, Participation Of Community And Education Level To Public Welfare In Padang Pariaman District. Jurnal EL-RIYASAH, 10(1), 37-56.
Mulia, R. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat). Jurnal EL-RIYASAH, 9(1), 7-21.
Mulia, R. A. (2019). PERANAN PROGRAM KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH BAITUL MAAL WAT TAMWIL (KJKS BMT) DALAM PEMBERDAYAAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KOTA PADANG. Ensiklopedia Sosial Review, 1(3).
Mulia, R. A., & Saputra, N. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KOTA PADANG. Jurnal EL-RIYASAH, 11(1), 67-83.
Mutmainah, 2016, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Profesionalitas Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Tepus”. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
Saputra, N., & Mulia, R. A. (2020). Kontribusi Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Agam. Ensiklopedia Sosial Review, 2(1).
Saputra, N. (2020). The Effect Of Organizational Support On Work Satisfaction In Regional Secretariat Employees In Pariaman District. Ensiklopedia Sosial Review, 2(1).