Penerapan Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui TDS “Tunggu Dirumah Saja” Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman

Authors

  • Annisa Fitri Universitas Ekasakti
  • Puryanto Puryanto Universitas Ekasakti
  • Roby Hadi Putra Universitas Ekasakti
  • Fani Ratny Pasaribu Universitas Ekasakti
  • Anisa Aulia Universitas Ekasakti
  • Yumi Ariyati Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.31933/jiee.v2i2.803

Keywords:

Penyelenggaraan, Inovasi Pelayanan, TDS

Abstract

Inovasi TDS (Tunggu Dirumah Saja) di DISDUKCAPIL Kabupaten Padang Pariaman merupakan Program dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, yang memiliki tujuan sebagai berikut: Memudahkan masyarakat yang berkebutuhan khusus dalam pengurusan dokumen kependudukan dimana masyarakat dari wilayah tertentu akan kesulitan untuk mendatangi kantor Dukcapil. Peneliti ini menggunakan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh Aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan seluruh masyarakat Padang Pariaman.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Inovasi TDS dapat dilihat dari beberapa variabel yaitu Komunikasi,sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Hasil dari penelitian implementasi pelayanan TDS sudah didasarkan pada standar operasional prosedur (SOP). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Implementasi TDS di Disdukcapil sudah berjalan dengan baik yang ditandai dengan pelaksanaan yang sesuai Standar operasional prosedur (SOP). Kendala dalam pengimplementasian pelayanan TDS pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman yaitu kurangnya sarana dan prsarana, sulitnya jaringan internet dan kesulitan perekaman bagi penduduk marginal. Upaya yang dilakukan untuk megatasi kendala dalam pengimplementasian pelayanan TDS pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman yaitu dengan penyediaan sarana dan prasarana, koordinasi dengan pihak ketiga, serta melibatkan stagholder pendukung seperti babinsa dan puskemas di lingkungan kabupaten padang pariaman. Saran dari penulis agar Disdukcapil perlu melakukan penambahan sarana dan prasarana untuk meningkatkan pelayanan inovasi TDS di Kabupaten Padang Pariaman

References

Bakhtiar, R., Sari, H. P., Fitri, A., Zumiarti, Z., & Anshar, S. (2020, October). Implementasi Kebijakan Pemerintah Provinsi Jambi Kabupaten Merangin Tentang Suku Anak Dalam. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 4, pp. 2359-2367).

Bakhtiar, R., Sari, H. P., & Fitri, A. (2020). Policy Brief: IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH PROVINSI JAMBI KABUPATEN MERANGIN TENTANG SUKU ANAK DALAM. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ekasakti

Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial & ekonomi: Format-format kuantitatif dan Kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen, dan pemasaran.

Dwiyanto, I. (2009). Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy Analisys. Yogyakarta: Gava Media.

Fitri, A., & Frinaldi, A. (2019, August). Wali Nagari women’s leadership style in the development of nagari government in Nagari Tigo Balai, Matur sub-district, Agam regency. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 314, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.

Fitri, A. (2019). Implementasi Peraturan Daerah No 3 Tahun 2009 Tentang Ketentraman Dan Ketertiban Umum Dalam Rangka Membangun Generasi Muda Sadar Budaya Di Nagari Kataping Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal El-Riyasah, 10(1), 57-73.

Fitri, A., & Yuska, H. (2021). Peran Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Penertiban Pedagang Kaki Lima Di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 1(2), 90-103.

Fitri, A., Musri, M., & Syahrial, I. (2022). Implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Penanggulangan Bencana Kebakaran Pada Pemadam Kebakaran Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 2(1), 55-65

Puryanto, P., & Putra, A. (2021). SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN MASYARAKAT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Ensiklopedia of Journal, 3(3), 58-64.

Rahayu, A. Y. S. (2020). Pelayanan publik dan e-government: sebuah teori dan konsep.

Soeprihanto, J. (2001). Penilaian kinerja dan pengembangan karyawan. Yogyakarta: BPFE.

Published

2022-12-15

How to Cite

Fitri, A., Puryanto, P., Putra, R. H., Pasaribu, F. R., Aulia, A., & Ariyati, Y. (2022). Penerapan Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui TDS “Tunggu Dirumah Saja” Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 2(2), 62–70. https://doi.org/10.31933/jiee.v2i2.803

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.