KEMAMPUAN MENULISKAN KEMBALI ISI HIKAYAT DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PADANG

Authors

  • Deswita Eka Putri Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Ekasakti

Keywords:

Karakteristik hikayat, audio-visual, kemampuan siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan siswa menuliskan kembali karakteristik hikayat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi kemampuan menuliskan kembali karakteristik hikayat dengan bantuan media audiovisual siswa kelas X SMA Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode deskriptif. Sampel penelitian diambil sebanyak 25% dari 288 siswa yaitu 72 siswa menggunakan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui   tes unjuk kerja berupa menuliskan kembali karakteristik hikayat berbantuan media audiovisual. Data dianalisis berdasarkan langkah-langkah yang telah ditentukan sebelumnya. Hasil penelitian adalah siswa  yang mampu menuliskan kemustahilan berada pada kualifikasi sempurna 44 orang (61%), nilai lebih dari cukup sebanyak 11 orang (15%), nilai kurang sekali   17 orang (24%). Siswa yang mampu menuliskan kembali kesaktian dengan kualifikasi nilai tertinggi sebanyak 21 orang (29%), nilai lebih dari cukup. sebanyak 16 orang (22%), nilai kurang sekali sebanyak 35  orang (49%). Kemampuan siswa menuliskan kembali istana sentris dengan kualifikasi nilai tertinggi sebanyak 66 orang (92%) dan nilai lebih dari cukup sebanyak 6 orang (8%).Kemampuan siswa menuliskan kembali kata arkais dengan kualifikasi   nilai tertinggi sebanyak 41 orang (57%), nilai lebih dari cukup sebanyak 13 orang (18%), nilai kurang sekali sebanyak 18  orang (25%). Dengan demikian, secara keseluruhan kemampuan siswa menuliskan kembali karakteristik hikayat  ada pada kualifikasi baik.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. jakarta: PT Rajagrafindo.

Djojosuroto, kinayati & sumaryati. 2010. Prinsip-prinsip Dasar dalam Penelitian Bahasa dan Sastra. Bandung: Nuansa.

Emzir & Saifur Rohman. 2016. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Raja Wali Pers.

Gani, Erizal. 2013. Menulis Karya Ilmiah Teori dan Terapan. Padang: UNP Press.

Hasan, Hasmiana. 2016. “Penggunaan Media Audio-Visual terhadap Ketuntasan Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Aceh”. Jurnal Pesona Dasar (ISSN 2337-9227 Vol. 3 No. 4 Oktober 2016). Hlm. 22-33.

Hayati, Najmi dan dkk. 2017. “Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio-Visual dengan Minat Peserta Didik SMA N 1 Bangkinang Kota”. Jurnal Al-hikma (ISSN 1412-5382 Vol. 14 No. 2 Oktober 2017). Hlm. 160-180.

Jennah, Rodhatul. 2009. Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Kemendikbud. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Kosasih, Engkos. 2016. Cerdas Berbahasa Indonesia (Untuk SMA/MA,Kelas X). Jakarta: Erlangga.

Maretha, Della. 2019. “Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Cerita Hikayat dan Aplikasi sebagai Bahan Ajar Kelas X SMK Priority”. Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Jurnal Pendidikan Bahasa

Downloads

Published

2022-02-08

Issue

Section

Articles