PENGARUH STRES KERJA DAN KONFLIK KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PUSKESMAS INDERAPURA PESISIR SELATAN

Main Article Content

Sefriyan Riefky
Rice Haryati
Meri Dwi Anggraini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengalisis Pengaruh Stres Kerja dan Konflik Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening. Penelitian dilakukan pada Puskesmas Inderapura Pesisir Selatan. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah random sampling dan didapat sebanyak 56 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan angket atau kuesioner kepada karyawan puskesmas inderapura pesisir selatan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear dengan variabel intervening. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada puskesmas inderapura pesisir selatan. 2. Konflik kerja  berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada puskesmas inderapura pesisir selatan. 3. Stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada puskesmas inderapura pesisir selatan. 4. Konflik kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan pada puskesmas inderapura. 5. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada puskesmas inderapura pesisir selatan. 6. Stres kerja mempunyai hubungan tidak langung terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. 7. Konflik kerja mempunyai hubungan tidak langsung terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja

Article Details

Section
Articles

References

Arif Yusuf. 2016. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Buku Seru
Arnold & Feldman. (2005). Esentialis of understanding Psicology, New York : McGram Hill
Chandra, 2012. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 23 (edisi kedelapan) Semarang: Universitas Diponegoro.
2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Greenberg, Jerald dan Baron, Robert A. 2013. Perilaku Organisasi. Jakarta :Prentice Hall
Hamali, Arif Yusuf. 2016. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS (center for academic publishing service).
Handoko, T. H. 2016. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Kaswan. 2017. Psikologi Industri dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta.
Kreitner, Kinicki. 2013. Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
2009. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung : PT Refika Aditama.
Margono,S. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rienaka Cipta.
Nazir, (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Newstrom. John W., Davis, Keith, (2008). Perilaku Dalam Organisasi. Edisi Ke tujuh. Alih bahasa, Agus Dharma. Jakarta: Erlangga
Robbins, S.P dan Judge, T.A. 2015. Perilaku Organisasi, Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.
Jurnal
Amelia Rahma Iresa, Hamidah Nayati Utamin, Arik Prasetya . 2015. Pengaruh Konflik dan Stres Kerja Terhadap Komitmen Oerganisasional dan Kinerja Karyawan (studi pada karyawan PT. Telekomunisasi Indonesia, Tbk witel Malang) Vol, 23. No. 1. Malang: Fakultas Administrasi Universitas Brawijaya.
Endang Sri Wahyuni, Taufeni Taufik, Vince Ratnawati. 2016. Pengaruh Budaya Organisasi, Locus Of Control, Stres Kerja Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah dan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening (studi empire pada pemerintah Kabupaten Bengkalus). Vol. XX, No. 2 Riau: Fakultas Ekonomi Universitas Riau.
Endang Susilawati. 2013. Vol.2. No 1 Pengaruh stres kerja terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan pada PDAM kebupaten Buton.
Helmi Buyung Aulia Syafrizal. 2013. Pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan dengan variabel intervening kepuasan kerja Program Magister Manajemen Universitas Terbuka Jakarta.
Lalujan Paramita, Victor P.K Lengkong dan Greis M.sendow 2016. Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Stres Kerja Karyawan di Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional Sulawesi Utara. Vol. 4. No. 1. Ratulangi Manado: Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Lianasari, Paulus Wardoyo, djoko Santoso. 2017. Pengaruh Stres Kerja Employee Engagment dan Kedisplinan Terhadap Kinerja dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening pada Karyawan