PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE DI COUNTER ZONAFONE PADANG

Authors

  • Meliati Anugrah
  • Rice Haryati Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti Padang

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui indikator mana yang paling dominan pada variabel harga, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian; (2) Untuk mengetahui apakah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. (3) Untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. (4) Untuk mengetahui apakah harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Data penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada 93 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa indikator harga yang paling dominan adalah kesesuaian harga dengan kualitas produk. Indikator kualitas pelayanan yang paling dominan adalah ketanggapan. Indikator keputusan pembelian yang paling dominan adalah pencarian informasi. Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara bersama terhadap keputusan pembelian. Besarnya kontribusi pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian handphone di Counter Zonafone Padang adalah 40,2% sedangkan sisanya 59,8 % dipengaruhi oleh variabel lain seperti brand image, promosi, lokasi dan lainnya.

References

Bahri, S. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi 1. Cetakan Kesatu. Yogyakarta: Andi.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P. (2013). Manajemen Pemasaran. Jilid2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016). Marketing Management. Edisi 15. England: Person Education.
Priyatno, D. (2016). Belajar Analisis Data dan cara pengelolaannya dengan SPSS praktis dan mudah dipahami untuk tingkat pemula dan menengah. Yogyakarta: Gavamedia
Schiffman, L.G dan Kanuk, L.L. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: Indeks Kelompok. Gramedia.
Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2012). Service Manajemen Mewujudkan layanan prima. Yogyakarta: Andi Offset.
Wibowo. (2012). Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Boediono, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen SEALANT WAX. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 3, Nomor 1, April 2018.
Budi, H.S. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hostel Harion Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Magister Darmajaya Vol 4, No 1, ISNN: 65-79 TAHUN 2018.
Lestari, S.T. (2017). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Perawatan Sepatu MAYSTER. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 2, Nomor 2, Juni 2017.
Lubis, A.A. (2015) Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 16, No. 2, Oktober 2015. ISSN: 1693-7619.
Naufal, A.R. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rahma Rahmi Collection). Jurnal of Management Vol 6, No 4, Tahun 2017, ISSN: 2337-3792.

Downloads

Published

2020-07-07

How to Cite

Meliati Anugrah, & Rice Haryati. (2020). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE DI COUNTER ZONAFONE PADANG. Matua Jurnal, 2(1), 125–138. Retrieved from https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/36

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.