ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN CABANG PADANG

Main Article Content

Andika Pratama
Bakkareng
Tifani Ratu Firdaus

Abstract

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan menegaskan bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses atau sumber daya dibidang kesehatan dan memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau. Penelitian ini penting untuk melihat sejauh mana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator paling dominan dari kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen BPJS Kesehatan cabang Padang, dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen BPJS Kesehatan cabang Padang. Data penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada 100 responden dengan teknik accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan TCR, analisis regresi sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Indikator dominan dari dimensi kualitas pelayanan adalah indikator jaminan. Sedangkan Indikator dominan dari variabel kepuasan konsumen adalah kecepatan transaksi. Pada pengujian hipotesis, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen BPJS Kesehatan Cabang Padang. Besarnya kontribusi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di BPJS Kesehatan Cabang Padang adalah 60,8% sedangkan sisanya 39,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti

Article Details

Section
Articles

References

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 23. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Mangguluang, Agussalim. 2016. Metodologi Penelitian. Ekasakti Press. Universitas Ekasakti Padang
Umar. 2013. Tekhnik Penarikan Sampel (Terjemahan) Jilid III Jakarta: Ul-Press.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 2, Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta.
Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2011) Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Andi.
Ilham, F.M. (2017). Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen bengkel Abidin di Kotabumi Lampung utara. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Khasanah, I. & Pertiwi, O.D. (2010). Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen RS. sSt. Elisabeth Semarang. Aset, Vol. 12, No. 2. 117-124.
Nilasari, E. & Istiatin. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Dealer PT. Rumayana Motor Sukoharjo. Jurnal Paradigma, Vol. 13, No. 01. 1-12.
Yap, S.F. & Lian, K.M. (2014). Service quality and customer statisfaction: Antecedents of customer’s repatronage intentions. Sunway Academic Journal, 4. 59-73.
Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), Vol. 4, No. 1. 37-44.
Nani, S. & Wolok, T. (2014). Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Bank SinarMas cabang Gorontalo. Skripsi, Universitas Negri Gorontalo, Gorontalo.