ANALISA STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN GANESHA OPERATION DIKOTA SOLOK

Main Article Content

Rahmadani Herita
Bakkareng
Yulistia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisa Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Jumlah Konsumen Pada Lembaga Pendidikan Ganesha Operation Dikota Solok. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan riset lapangan dan riset pustaka. Populasi dalam penelitian sebanyak 270 orang dengan sampel sebanyak 73 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, matriks faktor strategi eksternal, matriks faktor strategi internal, kuisioner riset SWOT dan matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil analisa lingkungan internal yang terdiri dari faktor kekuatan dan  faktor kelemahan pada Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation seperti kekuatan pada konsep belajar yang hanya dimiliki oleh Ganesha Operation dan kelemahan pada sarana – prasarana yang bisa dibilang kurang memadai sehingga didapatkan jumlah nilai IFAS Ganesha Operation Kota Solok sebanyak 3,25. Untuk lingkungan eksternal yang terdiri dari faktor peluang dan faktor ancaman pada Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation seperti peluang untuk memperluas pangsa pasar dan ancaman dari munculnya lembaga bimbingan belajar sejenis disekitar perusahaan sehingga didapatkan jumlah nilai EFAS Ganesha Operation Kota Solok sebanyak 2,85. Hasil analisa kuadran yang didapatkan dari matriks IFAS yaitu pengurangan total hasil kekuatan dengan total hasil kelemahan sebesar 0,06 dan matriks EFAS yaitu pengurangan dari total hasil peluang dengan total hasil ancaman sebesar 0,01 yang menghasilkan kondisi perusahaan berasa pada kuadran I sehingga didapatkan strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy). Hasil matriks SWOT strategi yang baik digunakan oleh bimbingan belajar Ganesha Operation Kota Solok adalah Strategi SO dimana perusahaan menonjolkan kekuatan yang dimiliki dan memanfaatkan peluang yang ada dengan maksimal. Setelah dipetakan pada matriks IE, didapatkan bahwa total skor untuk faktor strategi internal berada di posisi kuat, sedangkan untuk faktor strategi eksternal berada di posisi tinggi, sehingga berada di sel IV yaitu pada kondisi tumbuh dan kembangkan yaitu memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang untuk berkembang sebaik - baiknya

Article Details

Section
Articles

References

Alma B. 2016. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Cetakan ke. Bandung: Alfabeth.
Amstrong K. 2016. Prinsip - Prinsip Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga.
Assauri S. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Atmoko TPH. 2018. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. J Indones Tour Hosp Recreat. Vol 1 No 2 Hal 83-96.
Elyarni R. 2016. Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP. J Metris. Vol 17 Hal 81-88.
Erni Yunaida. 2017. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan Produk Surat dan Paket Kantor Pos Langsa. J Manaj dan Keuang Unsam. Vol 6 No 1 Hal 688-699.
Ghozali I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Helmawati. 2015. Mengenal Dan Memahami Paud. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kania P. 2017. Penerapan Analisis SWOT Dalam Strategi Pemasaran Pada Penggunaan Jasa PO MSP Trans. e-Proceeding of Management, vol. 4, no. 2, Hal 1789-1801.
Keller K. 2016. Manajemen Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga.
Mahendrayani IGAPS, Suryawan IB. 2017. Strategi Pemasaran Daya Tarik Wisata Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Sangeh Kabupaten Badung Provinsi Bali. J Destin Pariwisata. Vol 5 No 2 Hal 240.
Manguluang A. 2015. Statistik Lanjutan. Padang: Ekasakti Press.
Mifta J. 2018. Strategi Pemasaran Agrowisata Hortimart Agro Center Kabupaten Semarang. Jurnal Agrista, vol. 6, no. 1, Hal 139-149.
Moleong L. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revi. (Rosdakarya PR, ed.). Bandung.
Muhammad R, S. Paujiah. 2018. STRATEGI PEMASARAN PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR GO SMART BANJARBARU. JIEB: Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, vol. 4, no. 1, hal 077-086.
Mulyadi. 2017. Sistem Perencanaan Dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Mulyati Y, Afrinata M. 2018. Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan ( Studi Kasus Pada Wisatawan Domestik ). J Akuntansi, Ekon dan Manaj Bisnis. Vol 6 No 2 Hal 191-200.
Nawawi H. 2015. Manajemen Strategik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nembah G. 2011. Manajemen Pemasaran. 1st ed. Bandung: CV. Yrama Widya.
Nourlette RR, Hati SW. 2017. Penentuan Strategi Dengan Pendekatan Analisis Swot Pada Hotel Nongsa Point Marina & Resort Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Inovbiz J Inov Bisnis. Vol 5 No 1 Hal 82.
Nurul Afidah V. 2019. Strategi Pemasaran Paket Ibadah Haji Dan Umroh Dalam Merekrut Jamaah DI PT. Sela Express Tour Kota Pekanbaru. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, vol. 1, no. 3, hal 183-200.
Puguh C. 2016. Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode SWOT Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi Kecelakaan dan Kematian Pada PT. Prudential Cabang Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, vol. 1, no. 2, hal 129-138.
Rangkuti F. 2014. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti F. 2013. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Grameda Pustaka Utama.
Ratu C, Adikampana IM. 2016. Strategi Pemasaran Desa Wisata Blimbingsari Kabupaten Jembrana. J Destin Pariwisata. Vol 4 No 1 Hal 60.
Rohman A. 2016. Memahami Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama Yogyakarta.
Saktisyahputra S. 2018. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SISWA (Studi Kasus pada Bimbingan Belajar Bintang Solusi Mandiri Cabang Pinang, Jakarta). LUGAS J Komun. Vol 2 No 2 Hal 89-97.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tantri Ab. 2015. Manajemen Pemasaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
Tjiptono F. 2014. Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Cawang.
Wahyu I, Nugrahaningsih W. 2015. Analisa SWOT Jasa Layanan Lembaga Bimbingan Belajar Di Sukoharjo. Gema. Vol 27 No 50 Hal 2095-2109.
Wahyudi AS. 2015. Manajemen Strategik. Jakarta: Binarupa Aksara.
Zainuri M, Nuringwahyu S, Zunaida D, et al. 2019. Analisis SWOT Sebagai Dasar Untuk Merencanakan Strategi Pemasaran (Studi Pada Ciptaningati Culture Hotel). JIAGABI. Vol 8 No 1 hal 40-50.