PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT DR. REKSODIWIRYO KOTA PADANG

Main Article Content

Susanti Gate
Bakkareng
Novi Yanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Dr. Reksodiwiryo Kota Padang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan riset lapangan dan riset pustaka. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana, koefisien determinasi uji t dan uji F. Populasi dalam penelitian sebanyak 2310 orang dengan sampel sebanyak 96 orang.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Berdasarkan hasil Tingkat Capai Responden Variabel Kualitas Pelayanan (X) didapatkan indikator dominan adalah reliabilitas sebanyak 83% dan empati sebanyak 83% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil Tingkat Capai Responden Variabel Kepuasan Konsumen (Y) didapatkan indikator dominan adalah tetap setia sebanyak 85% dan bersedia membayar lebih sebanyak 85% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada pasien rawat inap rumah sakit Dr. Reksodiwiryo Padang. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 5.931 yang nilainya lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1.98552 dan nilai sig yang dihasilkan dari perhitungan adalah 0,000 yang lebih kecil dari α yang digunakan sebesar 5%.

Article Details

Section
Articles

References

Amstrong K dan. Prinsip - Prinsip Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga; 2016.
Arie Sulistyawati N, Seminari N. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. E-Jurnal Manaj Univ Udayana. 2015;4(8):250437.
Assegaff S. The Effect of Service Quality to Customer Satisfaction by Using Internet Banking Service in Jambi. The Asian Journal of Technology Management. 2016;9(1):21-36.
Atiyah LA. Impact of Service Quality on Customer Satisfaction. Australian Journal Of Basic and Applied Sciences. 2017;11(5):20-28.
Avila A. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Banco Nacional Comercio Timor Leste (BNCTL). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. 2017;6(11):3857-3886.
Boadi EB, Bentum-micah WWG, Jerry IK, Bosompem LS. Impact of Service Quality on Customer Satisfaction in Ghana hospitals : A PLS- Impact of Service Quality on Customer Satisfaction in Ghana hospitals : A PLS-SEM Approach. 2019;(October).
Deliana. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Pangkalan Kecamatan Pucuk Rantau Provinsi Riau. Skripsi Universitas Ekasakti.
Fatimah V. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muko - Muko Bengkulu. Skripsi Universitas Ekasati.
Ghozali I. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2016.
Hanifah S. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada PT. Berlian Motor Padang. Skripsi Universitas Ekasati.
Jesus Boavida AA de. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Banco Nacional Comercio Timor Leste. E-Jurnal Ekon dan Bisnis Univ Udayana. 2017;11:3857.doi:10.24843/eeb.2017.v06.i11.p05
Keller K. Manajemen Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga; 2016.
Lubis AS, Andayani NR. Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam. J Appl Bus Adm. 2018;1(2):232-243. doi:10.30871/jaba.v1i2.619
Lupiyoadi R. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat; 2018.
Manguluang A. Statistik Lanjutan. Padang: Ekasakti Press; 2015.
Mauludin H. Marketing Research: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi. Jakarta: Elex Media Komputindo; 2010.
Munawir. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Foto Copy Awy Comp Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi. Huk Islam Dan Bisnis. 2018;4(2):204-215.
Nasution P. Perencanaan Dan Pengendalian Produksi. Edisi Pert. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2015.
Nawawi H. Manajemen Strategik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press; 2015.
Nawawi MT. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Bank BNI 46 Kantor Cabang Pembantu di Universitas Tarumanagara Jakarta. Conference on Management and Behavioral Studies. 2018;108-118.
Oktavia S. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Kpkm ( Koperasi Produsen Kopi Margamulya ) Di Kecamatan Pangalengan the Effect of Service Quality To the Satisfaction of the Member of ( Cooperative Producer Ofmargamulya Coffee ) in Subdistrict Pangal. Agribisnis. 2017;16(2):155-164.
Oktaviani P, Utami S, Susanto B. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Layanan Pos Express Pt. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Kediri Kota. JIMEK J Ilm Mhs Ekon. 2019;1(1). doi:10.30737/jimek.v1i1.283
Pohan C. Manajemen Perpajakan : Strategi Perencanaan Pajak Dan Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2013.
Porter DNG dan DC. Basic Econometric. 5th Editio. New York: McGraw-Hill; 2014.
Putri Rahmayanti & Bethani Suryawardani. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. JNE Perwakilan Kawaluyaan Tahun 2014 Putri Rahmayanti Tambunan dan Bethani Suryawardani Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom. Bank Manag. 2015;4(2):2252-8520.
Rahayu B. Pengaruh Kualitas Pelayanan Nasabah Pada PT. BPR Artha Pemenang Cabang Jombang. J @Trisula LP2M Undar. 2017;1(5):464-476.
Rahhal W. The Effects of Service Quality Dimensions on Customer Satisfaction: An Empirical Investigation in Syrian Mobile Telecommunication Services. Int J Bus Manag Invent ISSN (Online. 2015;4(5):2319-8028. www.ijbmi.org.
Rimawati E. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan STMIK Sinar Nusantara Surakarta. Ilm Sinus. 2016;14(1):55-66.
Rimawati E. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan STMIK Sinar Nusantara Surakarta. Jurnal Ilmiah Sinus. 2016; 55-66.
Setyobudi DI. Konsumen Dan Pelayanan Prima. Malang: Gaya Media; 2014.
Sholeha L, Djaja S, Widodo J. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. J Pendidik Ekon J Ilm Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon dan Ilmu Sos. 2018;12(1):15. doi:10.19184/jpe.v12i1.6465
Sirait JN. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Waterpark Perum Bumi Sempaja Di Kota Samarinda. J Adm Bisnis. 2016;4(2):342-355.
Sundaram V, Ramkumar D, Shankar P. Impact of E-Service Quality on Customer Satisfaction and Loyalty Empirical Study in India Online Business. Kinerja. 2017;21(1):48. doi:10.24002/kinerja.v21i1.1034
Tasirilotik A. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Berobat di Rumah Sakit Selaguri Padang. Skripsi Universitas Ekasakti.
Tjiptono F. Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Cawang; 2014.
Tuju RE, Loindong S, Manajemen J, Sam U, Manado R. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Sepeda Motor Yamaha Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Hasjrat Abadi Di Manado. J EMBA J Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akunt. 2018;6(3):1798-1807. doi:10.35794/emba.v6i3.20480
Utami IAIS, Jatra IM. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur. E-Jurnal Manajemen Ubud. 2015;4(7):1984-2000.
Yulianti AL. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada JNE Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen. 2016;11(2):1-15.
Zai DK. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Ramayana Departement Store di Plaza Andalas Padang. Skripsi Universitas Ekasati.