PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PENABUNG PADA BANK BRI UNIT BANDAR BUAT

Authors

  • Lusi Fauziah
  • Agus Sutardjo
  • Rizka Hadya

Keywords:

kualitas pelayanan, fasilitas dan kepuasan nasabah

Abstract

 yang mulai beroperasi pada 02 Januari 1975. Data diperoleh pada Bank BRI Unit Bandar Buat terjadi kenaian jumlah nasabah dari tahun  2015 hingga 2019 yaitu rata-rata 2.086 orang. Peningkatan jumlah nasabah ini dapat menunjukkan seberapa tinggi kepuasan yang dirasakan nasabah dalam memperoleh pelayanan dan fasilitas dari Bank BRI Unit Bandar Buat Padang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Penabung pada Bank BRI Unit  Bandar Buat. Metode pengumpulan data adalah Penelitian Lapangan (Field Research) dan Penelitian Kepustakaan (Library Research). Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Populasi pada penelitian ini menjadi sampel adalah seluruh Nasabah Bank BRI Unit Bandar Buat Padang pada tahun 2019. Populasi diambil adalah 20.834 orang pada tahun 2019 dan sampel 100 orang, teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ditemukan (1) Hasil uji t ditemukan nilai  t hitung 3,662 dan nilai  (sig = 0,000< 0,05). Dengan df = 99-2= 97 diperoleh ttabel sebesar 1.661, dari hasil di atas dapat dilihat bahwa thitung  > ttabel atau 3,662 > 1.661, maka kualitas pelayan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah penabung pada PT. BRI (Persero) Unit Bandar Buat Indarung Padang, (2) Hasil uji t ditemukan nilai t hitung 4,365 dan nilai  (sig = 0,000< 0,05). Dengan df = 99-2= 97 diperoleh ttabel sebesar 1.661, dari hasil di atas dapat dilihat bahwa thitung  > ttabel atau 4,365 > 1.661, maka fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan nasabah penabung pada PT. BRI (Persero) Unit Bandar Buat Indarung Padang dan (3) Variabel kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif  dan signifikan  secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah penabung pada PT. BRI (Persero) Unit Bandar Buat Indarung Padang.

References

Appley A, Lawrence dan Lee, Oey Liang. 2010. “Pengantar Manajemen”. Jakarta: Salemba Empat.
Athillah, Anton. 2010. “Dasar-Dasar Manajemen”. Bandung : CV Pustaka Setia.
Edwin B Flippo, 2012, Personel Management (Manajemen Personalia), Edisi.
VII Jilid II, Terjemahan Alponso S, Erlangga, Jakarta
Fandy Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta.Andi.
Fandy Tjiptono dan Gregorius chandra. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Kotler. 2010. Marketing Managemen. New Jersey. Prentice Hall. International Inc.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat dengan SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro
Kotler, P dan Armstrong, Gary, 2012. Principle Of Marketing, Pearson Education, Inc. New Jersey : Prentice Hall.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane 2016. Marketing Management. Fourteent Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta : Salemba.
Pohan. 2010. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Rosmawati. 2012. Kualitas Pelayanan Jasa. Andi. Yogyakarta
Sabarguna. 2012. Pemasaran Pelayanan Rumah Sakit. Sagung Seto. Yogyakarta.
Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta. Jakarta.
Smallbusinessnotes.com. 2014. Why WE Buy What buy : a theory of consumption values. Journal of Marketing
Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2021-12-21