PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PARIAMAN
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Kepuasan PasienAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pariaman Dimana Variable X Adalah Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Variabel Dependen Adalah Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pariaman. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas,uji multikulieoritas, uji heroskadisitas dan Uji Regresi Berganda, Uji t dan Uji F . Hasil dari Penelitian Variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pariaman, Variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pariaman, Variabel Kualitas Pelayanan dan Fasilitas secara bersama-sama atau simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pariaman
References
Agustin, Riska Dwi, Kasno T. Kasim, and Noer Aisyah Barlian. 2018"Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap RSUD Pasirian Kabupaten Lumajang." Jurnal Riset Manajemen 1.2 126-132.
Ali Hasan, 2013. Marketing Cetakan Pertama, Media Pressindo Yogyakarta
Amir, M Taufik. 2013. Manajemen strategi. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Andrawulan, N, SKusnandar Dan Herawati. 2011. Analis Panggang PT. Dian Rakyat. Jakarta.
Andrianto, Andrianto, Cahyo Sasmito, and Cakti Indragunawan. 2020 "Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Dan Kepuasan Pasien Terhadap Citra Klinik “X” Di Tuban." Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan 8.2 206-221.
Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Ariyanti, Reni 2020 . Pengaruh Pelayanan, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Tengku Rafi’an Kabupaten Siak. Diss. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Armstrong, Gary. 2013. Dasar- Dasar Pemasaran. Edisike 12 Penerbit Erlangga
Assauri, Sofyan, 2008, Manajeman Pemasaran, Edisi Pertama, Cetakan Kedelapan, Penerbit : Raja Grafindo, Jakarta.
Aziz Nasution, 2014. Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia. Bandung: PT. Citra Adiya Bakti.
Basu Swastha, 2014. Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan. BFFE-Yogyakarta.
Bata, Y. W (2013). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Aksesosial Kepada Pelayanan Rawat Inap di RSUD Laki padada Kabupaten Tanaparoja Tahun. Jurnal AKK Fakultas Kesehatan Universitas Hasanuddin 2.
BPJS Kesehatan, 2016. Buku Panduan Praktis: Pelayanan Kesehatan. Jakarta.
Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan II. Satu Nusa. Bandung.
Depkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.
Dessler,2016.Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT: Remaja Rosda. Bandung.
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, 2014. Edisi ,Andi : Yogyakarta.
Fandy Tjiptonodan Gregorius Chandra, 2016. Pemasaran Strategik. Yogyakarta,. ANDI.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ginting, Clara Coni Constantya Br, And Hendri Herman.2020"Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rsud Embung Fatimah." Jurnal Ilmiah Kohesi 4.3 276-285.
Hajinezhad, Mohammad Esmaiel. 2007. Perawat Merawat Iran Dan Hubungan dengan Kepuasan Pasien Jurnal Australia Keperawatan Lanjut Vol.26. No.2 76-84
Hanim, Na'imatul. 2020 Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Jamaah Umroh Di Al-Marwah Trans Tour Travel Umroh Ponorogo. Diss. IAIN Ponorogo
Kotler danAmstrong. 2010. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 Dan 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2009 (Terj, Bob Sabran).Manajemen Pemasaran.Edisi 13/ Jilid 1.Jakarta :Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2 Edisi Ketiga belas.Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid 9 Edisi Kesepuluh.Jakarta: PT. Prenhallindo
Lupyoadi, R dan Hamdani, A. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Nafisah, Durrotun.2020 "Pengaruh Fasilitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien Di Rawat Inap Ruang Arofah Rumah Sakit Islam Surabaya."
Nasution, M.N., 2015. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) Edisi Keempat. Ghalia Indonesia, Bogor.
Nurhab, Badarudin. 2019 "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan harga Terhadap Kepuasan Pasien rumah saKit." FINANSIA: Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah 1.2: 293-310.
Ela Zakiya Muslichati dan Sri Wartini. 2018 Pengaruh Kualitas Layanan dan Inovasi Layanan terhadap Kepuasan konsumen pada Rumah Sakit Buah Hati Kudus.
Nona Yulianti dan Putu Nina Madiawati. (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Unit Rawat Inap Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung.
Putri, Baby Silvia, and Lindawati Kartika.2018 "Pengaruh Kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan Terhadap Kepuasan Pengguna Perspektif Dokter Rumah Sakit Hermina Bogor." Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 2.1 1-12.
Radito, Th. (2014)"Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien Puskesmas." Jurnal Ilmu Manajemen 11.2 1-25.
Rahmatullah, Fajar Alif. 2018 Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Biaya, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Rumah Sakit Islam Darus Syifa’Benowo). Diss. Universitas Muhammadiyah Gresik
Rivai, Veithzal, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Q Teori KePraktek,PT. Raja Grafindo persada: Jakarta.
Sabarguna, B.S. 2004. Quality Assurance Pelayan Rumah Sakit. Edisi Kedua.Yogyakarta : Konsorsium Rumah Sakit Islam Jateng-DI
Santoso,2018. "Analisis Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Klinik UKSW)." d'CARTESIAN 7.2 47-51.
Sekretariat Negara RI, 2004. Sistem Jaminan Sosial Nasional: Undang-Undang no. 40 Tahun 2004, Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia
Setiwan, 2014.Perilaku Konsumen, Cetakan 4.Edisirevisi.Jakarta: Kencana
Sianipar 2020. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Umum Trans Batam." Jurnal Ilmiah Kohesi 4.3 267-275.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Tjintiadewi, 2018 "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Wom Pasien Di Rsu Prima Medika." E-Jurnal Manajemen 7.11 6184-6211.
Tjtiptiono, Fandy. 2011. Service Manajemen Layanan Prima. Edisi 2.Yogyakarta: Andi
Tri Utami (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Rumah Sakit Islam Pati Semarang.
William, 2020 "Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda Di Kota Batam." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 8.1