ANALISIS HARGA, PROMOSI, FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMILIHAN BELANJA ONLINE

STUDI KASUS DI LAZADA EXPRESS PADANG

Authors

  • Diana Febrian
  • Agus Sutardjo
  • Yulistia

Keywords:

harga, promosi, fasilitas, pelayanan, keputusan konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja online di Lazada. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja online di Lazada. 3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fasilitas terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja online di Lazada. 4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelayanan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja online di Lazada. Populasi penelitian ini adalah pengguna Lazada pada tahun 2019. Sampel penelitian dihitung menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 100 pelanggan Lazada. Data penelitian menggunakan data primer yang diperoleh melalui survei kusioner yang disebar kapada pengguna Lazada. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi dengan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja online di Lazada. 2) Promosi memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja online di Lazada. 3) Fasilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja online di Lazada. 4) Pelayanan memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja online di Lazada. Secara bersama-sama, harga, promosi, fasilitas, dan pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja online di Lazada yaitu sebesar 43,4% sedangkan sisanya 56,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

References

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Aryani, L. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online Di Online Shop Lazada. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 39. https://doi.org/10.35590/jeb.v3i1.723
Desembrianita, E., & Ruslin. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Keputusan Pelanggan Untuk Menggunakan Jasa Hotel Oval Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(2), 345–354.
Efrianto, A. (2016). PENGARUH HARGA, LOKASI, PROMOSI DAN LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL THE ALANA SURABAYA Suwitho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(9), 1–19.
Fahrevi, S. R., & Satrio, B. (2018). No Title. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(3), 1–15.
Faisal. (2005). Pengaruh Insentif & Fasilitas Kerja Terhadap Produktivitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 (7th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gitosudarmo, I. (2010). Manajemen Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: BPFE.
Indriani, I. A. D. (2016). Analysis the Factors Influence Consumer Buying Decision on Online Shopping Clothing For Consumer in Manado. Jurnal EMBA, 4(1), 1166–1177.
Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Promosi Online dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 21(1), 1–8.
Juhaeri. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Ojek On-Line Gojek di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 7(1), 29–43.
Kotler, P. (2011). Manajemen Pemasaran (Milenium). Jakarta: Prehallindo.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles Of Marketing (14th ed.). New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2015). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo.
Lempoy, N. C., Mandey, S. L., & Loindong, S. S. R. (2015). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Taman Wisata Toar Lumimuut (Taman Eman) Sonder. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 1072–1083.
Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah. (2020). Pengaruh Harga , Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. 1(1), 1–10.
Ridwan, O. (2019). Perilaku Belanja Online oleh Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiwa Angkatan 2018 FIA UI).
Setyarko, Y., & Yusuf, M. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, ISSN: 2252-6226, 5(2), 128–147.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.
TOP BRAND AWARD. (2019). Top Brand Index Fase 2 2019.
Wanda, P. (2019). Bagaimana Prospek Ekonomi Digital Indonesia di 2019?
Wibawa, T. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Belanja Online Shopee. Publikasi Ilmiah, 1–7.
Wulandari, D. (2015). Pengaruh Harga, Produk, Lokasi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim di Yogyakarta (Studi Kasus pada Konsumen Aisya Yogyakarta). Universitas Negeri Sunan Kalijaga.

Downloads

Published

2022-03-05