PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIANSMARTPHONE MEREK OPPO

(Studi Kasus Konsumen Smartphone Merek OPPO di counter ZERRO Simpang Empat Pasaman Barat)

Authors

  • Rudi Nofrianto
  • Jhon Rinaldo
  • Tifani Ratu Firdaus

Keywords:

citra merek, kualitas produk, dan desain produk, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari citra merek, kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian. Metode pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner sebanyak 76 responden yang disebarkan kepada konsumen Smartphone merek Oppo di counter ZERRO Pasaman Barat. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadapkeputusan pembelian dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel (4,227 > 1,666). Kualitas produk berpengaruh tidak positif tetapi signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai t hitung < dari t tabel (-3,781 < 1,666). Desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan t hitung > dari t tabel (8,679 > 1,666). Secara bersama-sama citra merek, kualitas produk dan desain produk, berpengaruh terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel (60,536 > 2,73). Besar Adjust R Square pada penelitian adalah 70,4 % sisanya 29,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan perusahaan dapat meningkatkan keputusan pembelian dengan cara meningkatkan kualitas produk smartphone merek Oppo.

References

Aaker, David.A. 2011. “Manajemen Ekuitas Merek”. Alih bahasa; Aris Ananda. Edisi revisi. Jakarta : Mitra Utama.
Alma, Buchari. 2016.”Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa”. Bandung : Alfabeta.
Arikunto, S. 2010. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta : Rineka Cipta.
Armstrong, Kotler. 2015. “Marketing an Introducing prentice Hall twelfth edition”. England : Pearson Education inc.
Bilson,Simamora.2011.“Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel”. Jakarta :PT. Gramedia.
Danang, Sunyoto. 2012. “Manajemen Pemasaran”. Yogyakarta : Buku Seru.
Duwi, Priyatno. 2010. “5 Jam Belajar Olah Data SPSS 19”. Yogyakarta : Andi.
Ghazali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS Edisi 4”. Semarang : BP-UNDIP.
HartimbulGinting, Nembah F. 2011. “Manajemen Pemasaran”. Bandung : CV. Yrama Widya.
Ismet Basuki dan Hariyanto. 2014. “Asesmen Pembelajaran”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kotler, Philip, Armstrong Gary. 2016. “ Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1”. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. “Marketing Management Edisi 15”.Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. “Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2”. Jakarta : PT. Indeks.
Machfoedz, Ircham. 2013.“Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif”. Yogyakarta : Fitramaya.
Mowen, J. Dan Minor, m. 2012. “Perilaku Konsumen”.Jakarta :Erlangga.
Schiffman dan Kanuk. 2010. “Perilaku Konsumen”. Jakarta : PT. Indek.
Sitepu. 2014. “Pengembangan Sumber Belajar”. Jakarta : PT. Raja Grafindo.
Sopiahdan Etta Mamang Sangadji. 2016. “Salesmanship (Kepenjualan)”.Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Sutarso, Yudi. 2010. “Marketing in Practice”. Yogyakarta :GrahaIlmu.
Swastha, Hani Handoko. 2011. “Manajemen Pemasaran - Analisis Perilaku Konsumen”. Yogyakarta : BPFE.
Sugiyono. 2017.”Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D)”. Bandung : Penerbit CV Alfabeta.
Tjiptono, fandy. 2011. “Service Management Mewujudkan Layanan Prima Edisi 2”.Yogyakarta :Andi.
Tjiptono, fandy.2015.“Manajemen dan Strategi Merek”. Yogyakarta : Andi.
Tjiptono, fandy. 2012. “Strategi Pemasaran Edisi 3”. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, fandy. 2016. “Service & Satisfaction”. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2022-03-05