PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CAFÉ’ ELS COFFE DIPADANG
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepuasan konsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Menguji dan menganalisis 1. Indikator mana yang dominan dari kualitas pelayanan ,kualitas produk dan kepuasan konsumen 2. pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen secara parsial maupun simultan. Populasi 15.567 orang dansampel 100 orang. Metode analisis data adalah Analisis Regresi Linear Berganda dan koefisien determinan sedangkan metode pengujian hipotesis adalah Uji t dan Uji F. Hasil dari Penelitian menunjukan Indikator yang dominan pada Kualitas pelayanan adalah bukti fisik dengan TCR 84,10% dan Indikator yang dominan pada kualitas produk adalah estetika memiliki TCR 84% dan Indikator yang dominan pada kepuasan konsumen adalah waktu memiliki TCR 85%. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Cafe EL’S coffe di Padang. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Cafe EL’S coffe di Padang.Kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Cafe EL’S coffe di Padang .Konrtibusi pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada Cafe EL’S coffe di Padang sebesar 59,80% sedangkan sisanya 40,20% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini seperti lokasi,citra merek dan lainnya
References
Afnina, Afnina, and Yulia Hastuti. "Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan." Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis 9.1 (2018): 21-30.
Agussalim Manguluang, 2015. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang
Ahmad, Mutia Amanda, M. Agussalim, and Meri Dwi Anggraini. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Padang." Matua Jurnal 3.1 (2021): 107-122.
Alma, Buchari.2012. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan Ii. Satu Nusa. Bandung
Fandy Tjiptono, Dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality And Satisfaction. Yogyakarta.Andi.
Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi. 2. Yogyakarta: Andi.
Fiazisyah, Annisa, and Niken Purwidiani. "Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Cepat Saji Kfc Basuki Rahmat Surabaya." Jurnal Tata Boga 7.2 (2018).
Freddy Rangkuti. 2014. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm. Spss 24 (Edisi Keenam.) Semarang: Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2014). Principle of Marketing . 14 Edition. England : Pearson Education, Inc
Kotler, Philip And Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kotler, Philip.2013. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Lestari, Ani, and Edy Yulianto. "Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl. S. Hatta B3 Kav. A, Kota Malang)." Jurnal Administrasi Bisnis 54.1 (2018): 74-81.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3.Jakarta: Salemba.
Maramis, Freekley Steyfli, Jantje L. Sepang, and Agus S. Soegoto. "Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 6.3 (2018).
Nalendra, Aloysius Rangga Aditya. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Im3 Madiun)." JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer) 3.2 (2018): 281-288.
Netriadi, Lira, salfadri, and Tifani Ratu Firdaus. "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Puskesmas Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan." Matua Jurnal 3.1 (2021): 91-106.
Noviyanti, Iis. "Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV Usaha Mandiri Jakarta Selatan." JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) 1.2 (2018).
Prandita, Luli, and Sri Setyo Iriani. "Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Emosional terhadap Kepuasan Pelanggan Sogo Departemen Store." BISMA (Bisnis dan Manajemen) 6.1 (2018): 19-31.
Prasastono, Ndaru, and Sri Yulianto Fajar Pradapa. "Kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang Candi." Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan 11.2 (2012).
Putri, Dini Alyani, and Meri Dwi Anggraini. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Kunango Jantan Padang." Matua Jurnal 2.2 (2020): 466-477.
Putri, Nike Ziana, and Nova Begawati. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional Ii Sumatra Barat Padang Pariaman." Matua Jurnal 2.1 (2020): 139-154.
Rangkuti, Freddy. (2015). Riset Pemasaran. Cetakan keduabelas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rosalia, Kiky Jenitha, and Ni Ketut Purnawati. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien RSU Surya Husadha di Denpasar." E-Jurnal Manaj. Unud 7.5 (2018): 2442-2469.
Septayuda, Irwan. "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Jek di Kota Palembang." MBIA 17.1 (2018): 25-34.
Setyawati, Widya Agustin, Muhamad Rifa'i, and Cahyo Sasmito. "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Pasien." MADANI Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan 10.2 (2018): 50-63.
Setyowati, Nani. "ANALISA Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Apartemen Belmont Residence Kebon Jeruk." (2018).
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, Rina. "Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Garden Cafe Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta." Jurnal Pendidikan dan Ekonomi 7.2 (2018): 130-142.
Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran .In Media: Bogor.
Sutisna, 2012, Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran, Edisikedua,. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Swastha,Basu. 2010. Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan, BPFE-Yogyakart
Tiza, Mohd Farid, and Febsri Susanti. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Studi kasus pada perusahaan JNE Cabang Padang." (2019).
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI.
Yendra, Yedo. salfadri, and yulistia "Analisa Pengaruh Biaya Pengobatan, Fasilitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Inderapura Kabupaten Pesisir Selatan." Matua Jurnal 3.1 (2021): 35-44.