PENGARUH INOVASI PRODUK, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA USAHA ROTI 99 CUPAK KABUPATEN SOLOK

Authors

  • Wila Khairati
  • Salfadri
  • Yulistia

Keywords:

Inovasi produk, Promosi, Harga dan Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis Pengaruh Inovasi Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Roti 99 Cupak Kabupaten Solok Dimana Variable X Adalah Inovasi Produk, Promosi Dan Harga Variabel Dependen Adalah Minat Beli Konsumen Pada Usaha Roti 99 Cupak Kabupaten Solok. Populasi penelitian ini adalah 615.499 dan sampel 100 responden. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas,uji multikulieoritas, uji heroskadisitas dan  Uji Regresi Berganda, Uji t dan Uji F. Hasil dari Penelitian Variable Inovasi Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen.Variable Promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen.Variable berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen, Variabel Inovasi Produk, Promosi dan Harga secara bersama-sama atau simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen

References

Abdulah, Thamrin, & Tantri, F. (2013). manajemen pemasaran (2nd ed.)Jakarta. pt raja grafindo persada.
Abdullah, Thamrin, & Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta:Rajawali Pers.
Afriyanti, Tika, & rose rahmidani. (2019). pengaruh inovasi produk, kemasan dan varaiasi produk terhadap minat beli ice cream aice dikota padang. Journal Ecogen.
Agus, & Hermawan. (2012). Komunikasi Pemasaran,Jakarta:Erlangga.
Agussalim manguluang. (2015). statistik lanjutan (E. Press (ed.),Padang.
Ali, & hasan. (2013). marketing dan kasus-kasus pilihan.Yogyakarta CAPS.
Alma, & Buchari. (2014). manajemen pemasaran dan pemaran jasa.Bandung:alfa beda.
Ambarwati, M. (2015). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.
Amstrong, Gary, Philip, & Kotler. (2012). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1 Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan,Jakarta:Pearson Education,inc.
Andi dan deasy. (2013). inovasi produk.
Daeli, & Kristian, hans fanolo. (2018). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Smartphone dengan Consumer Innovativeness sebagai Variabel Moderasi (The Effect Of Product Innovation Toward Purchase Intention With Consumer Innovativeness As Moderating Variabel). 2338-123 X.
Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.
Djaslim, & saladin. (2013). intisari pemasaran dan unsur-unsur pemasaran.Bandung. CV. cetakan ketiga linda karya.
Evelina, N., Dw, H., & Listyorini, S. (2012). Pengaruh Citra Merek,kualitas Produk,Harga,dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kartu PerdanaTelkomflexi (studi kasus pada konsumen Telkomflexi di kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Diponegoro Of Social Dan Politik, 1, 1–11.
Fatmawati, Kholifah, N., & Masreviastuti. (2019). pengaruh inovasi produk dan harga terhadap minat beli smartphone samsung. Aplikasi Bisnis 5.1, 129–132.
Ghozali, & Imam. (2011). aplikasi analisis multivariate dengan program spss (badan pene).Semarang.
Ghozali, & Imam. (2014). aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss 21 (4th ed.). universitas diponerogo.Semarang
Ghozali, & Imam. (2016). aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (8th ed.). universitas diponegoro.Semarang
gitosudarmo. (2014). manajemen operasi. BPFEYogyakarta.
Hamdani, & sunyoto. (2014). promosi.
Harman, M. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung:CV Alfabeta.
Hendarsono, Gersom, & SugionoSugiharto. (2013). Analisa Pengaruh Experiental MarketingTerhadap Minat Beli Ulang Konsumen Cafe Buntos 99 sidoarjo. Manajemen Pemasaran, 1, 2 hal1-8.
Hendrarsono, Gersom, & Sugiharto. (2013). analisa pengaruhexperiental marketing terhadap minat beli ulang konsumen cafe buntos 99 sidoarjo. Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–8.
Hidayah, Ainul, S., & Apriliani, R. aj E. (2019). analisis pengaruh brand image,harga,kualitas produk,dan daya tarik promosi terhadap minat beli ulang konsumen batik pekalongan (studi pada pasar grosir setono batik pekalongan. Of Economic,Business Engineering (JEBE), 1.1, 24–31.
Kotler, & Keller. (2012). manajemen pemasaran (12th ed.).Jakarta:erlangga.
Kotler, & Philip. (2014). manajemen pemasaran (jilid 1).Jakarta:pt indeks.
Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2010). Prinsip-Prinsip Pe masaran. Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua Belas.Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasran (edisi 13 j).Jakarta:Erlangga.
Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketin (12 th). Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran.Jakarta:Erlangga.
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen (15 th). Pearson Education,Inc.
Kotler, Philipary amstrong, & G. (2015). marketing an introducing (15 th). new jersey pearson prentice hall.
Kristinae, & Vivy. (2018). pengaruh produk ,harga dan promosi terhadap minat konsumen untuk melakukan pembelian kerajinan tangan rotan. Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 25–30.
Lupiyoadi, & Rambat. (2013). manajemen pemasaran jasa berbasis kompetensi (3rd ed.).Jakarta:salemba empat.
Lupiyoadi, Rambat, & Hamdani, A. (2011). Manajemen Pemasaran jasa. Edisi Kedua,Jakarta:Salemba Empat.
Martina, S., & Adimulya, R. P. (2013). Strategi InovasiProduk Wisata dalam Upaya Meningkatkan Minat Berkunjung Wisatawan ke Grama Tirta Jatiluhur Purwakarta. Jurnal Khasanah Ilmu, 4, 2 september 2013.
Monica, E. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Bangunan dan Promosi Terhadap Minat Beli Perumahan Taman Safira Bondowoso. International Journal of Social Science and Business. https://doi.org/10.23887/ijssb.v2i3.16214
Mullins, W, J., Jr, W., & C, O. (2013). marketing management a strategic decision-making approach (8th ed.). mcgraw-hill international edition.
mursid. (2014). manajemen pemasaran.Jakarta:Bumi Aksara
NT, H. (2013). factors influencing consumer online purchase intention of fashion in vietnam the case study of zalona. vietnam nasional university.
Nugraheni, & Dkk, R. (2012). Infeksi Nosokomial di RSUD setjonegoro Kabupaten Wonosobo. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia.
Nurhadiyah, Rahmidani, R., & Syofyan, R. (2019). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Cimory di Kota Padang. Jurnal Ecogen.
Nurhayati, Wahyu, & W.m. (2012). analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli uang masyarakat terhadap produk handphone (Vol. 8, Issue 2). universitas muhammadiyah semarang.
Pranatalion, Reinardus, Tjahjono, E., & Mulyati, D. Y. (2019). Pengaruh inovasi produk,citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian handphone android SAMSUNG. adbis (dinamika administrasi bisnis).
Rizky, M. F., & Yasin, H. (2014). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama Pt.Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. https://doi.org/10.1016/j.gaitpost.2018.03.005
Robbins, P, S., Coulter, & Mary. (2010). manajemen edisi kesepuluh (kesepuluh).Jakarta: Penerbit erlangga.
Saidan, B., & Arifin, S. (2012). pengatuh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada market.
Saladin, & Salim, D. (2012). manajemen pemasaran analisis,perencanaan,pelaksanaan,pengendalian. cetakan ketiga.Bandung: Cv.lidya karya.
Sangadji, Mamang, E., & Sopiah. (2013). prilaku konsumen penal penelitian.Yogyakarta pendekatan praktis disertai himpunan jur. ANDI.
Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan a-36. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis.
Siswanto. (2002). Strategi Manajemen Pemasaran. Jakarta:rajawali pers.
sofyan assauri. (2013). manajemen pemasaran.Jakarta:Rajawali pers
sugiyono. (2015). metode penelitian kombinasi. Bandung:alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian Kualitatif,Kuantitatif,R dan D. CV.Alfabeta.Bandung
Sulistyari, & Novita, I. (2012). pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap minat beli produk oriflamme. Journal of Manajemen, 1(1).
Suparyanto, & Rosad. (2015). Manajemen pemasaran. In media,Yogyakarta.
Sutarno. (2012). Serba-Serbi Manajemen Bisnis.Yogyakarta,Graha Ilmu.
Swasta, & Basu. (2010). Manajemen Penjualan. Pelaksanaan Penjualan BPFE,Yogyakarta
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi Empat,Andi.Yogyakarta
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi Empat Andi.Yogyakarta
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service,Quality dan Satisfaction. Andi.Yogyakarta
Tjiptono, & Fandy. (2011). strategi pemasaran. grahallmu,yogyakarta
Utami, R. P., & Saputra, H. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sayuran Organik di Pasar Sambas Medan.https://doi.org/10.24114/niaga.v6i2.8334
Vanessa, C., & Tawas, hendra n. (2014). pengaruh orientasi kewirausahaan,inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha nasi kuning dikota manado. Emba, 2(3), 1214–1224 issn 2303–1174.

Downloads

Published

2022-06-18