PENGARUH HARGA, FASILITAS WISATA DAN ATRAKSI WISATA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN OBJEK WISATA PUNCAK LAWANG AGAM

Authors

  • Esi Kartika Dwi Putri
  • Rice Haryati
  • Tifani Ratu Firdaus

Keywords:

harga, fasilitas wisata, atraksi wisata dan kepuasan konsumen

Abstract

Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji Pengaruh Harga, Fasilitas Wisata dan Atraksi Wisata terhadap Kepuasan Konsumen Objek Wisata Puncak Lawang Agam. Metode pengumpulan data adalah Penelitian  Lapangan (Field Research) dan Penelitian Kepustakaan (Library Research). Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh pengunjung pada objek wisata puncak lawang pada tahun 2019 sebanyak 191.076 orang dan sampel 100.Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ditemukan (1) Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen objek wisata Puncak Lawang Agam. (2) Variabel fasilitas wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen objek wisata Puncak Lawang Agam.(3) Variabel atraksi wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen objek wisata Puncak Lawang Agam dan (4) Variabel harga, fasilitas wisata dan atraksi wisata secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen objek wisata Puncak Lawang Agam

References

Amirullah, 2015. Pengantar Manajemen, Mitra Wacana Media, Jakarta Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. ALFABETHA. Bandung.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2008. (terj. Bob Sabran). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12 jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Armstrong. 2012. Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson pretice Hall, Inc.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sunyoto, Danang. 2012. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.
Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy & Anastasia Diana. 2015. Pelanggan Puas? Tak Cukup!, Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy & Gregorius Candra. 2011. Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
Yoeti, Oka A. 2003. Tours and Travel Marketing. Jakarta: Pradnya Paramitha.
Yoeti, Oka A. 2006. Pariwisata Budaya Masalah dan Solusinya. Jakarta: Pradnya Paramita.

Downloads

Published

2022-06-18