PENGARUH KUALITAS DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO NAZURAH HIJAB DI KUBANG TUNGKEK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA
Keywords:
Kualitas, Harga Produk dan Keputusan Pembelian Konsumen.Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui pengaruh Kualitas dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Nazurah Hijab Di Kubang Tungkek Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini memakai metode pengumpulan data lewat penelitian lapangan serta kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan peneliti yaitu pengamatan, wawancara dan kuesioner. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan pengumpulan data yang dipergunakan adalah data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4.175 orang dengan sampel 98 orang menggunakan Teknik Random Sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi linier berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis uji t dan uji f. hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Indikator paling dominan pada variabel kualitas produk adalah Kinerja dengan nilai TCR yaitu 90,9%, indikator paling dominan pada variabel harga produk adalah perpepsi harga dan manfaat dengan nilai TCR yaitu 92,2% dan indikator paling dominan variabel keputusan pembelian konsumen adalah Kemantapan pada sebuah produk dengan nilai TCR yaitu 92,4%. Kualitas produk secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Terbukti dari hasil uji t hitung yaitu -1,959 yang nilainya kecil dari t tabel 1,66105 dan nilai signifikan perhitungan yang didapatkan adalah sebesar 0,053 > 0,05 jadi Ho diterima Ha diterima. Harga produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Terbukti dari hasil uji t hitung yaitu 11,121 yang nilainya besar dari t tabel 1,66105 dan nilai signifikan perhitungan yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 jadi Ho tolak Ha diterima. Kualitas dan Harga produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Terbukti dari hasil uji f hitung yaitu 228,908 yang nilainya lebih besar dari f tabel 3.092 dan nilai signifikan perhitungan yang didapatkan yaitu 0,000 lebih kecil 0,05 (5%) jadi Ho ditolak Ha diterima.
References
Alma, B. 2015. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Assauri, S. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Azwar, Saifuddin. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek; Planning and
Strategy. Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Fure dkk, 2015. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di JCO Manado. Jurnal EMBA Vol.3 No.1 Maret 2015, Hal.367-377
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kotler, P. and Amstrong, G. 2015. Principle of Marketing. 15th edition, New Jersey: Prentice-Hall Published.
Kotler, P. and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc
Kristian, D., & Widayanti, R. 2016. Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda pada mahasiswa kampus 1 Universitas Kristen Krida Wacana. Ilmiah Manajemen Bisnis.
Laila, E. J. (2018). Pengaruh kualitas dan harga produk terhadap keputusan pembelian jilbab Rabbani di butik Qta Ponorogo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(1).
Lupiyoadi. 2015. Manajemen Pemasaran jasa berbasis kompetensi. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba
Manus, F.W. dan B. Lumanauw. 2015. Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Layanan, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan.
Jurnal EMBA Vol. 3 No 2 Hal 695-705.
Silalahi, R. Y. B., & Susantri, L. A. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Tempat, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas di Pasar Seken Aviari.Jurnal Elektronik REKAMAN ISSN: 2598-8107, 2(2598-8107), 83-94.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Tri, D. W. T. U. W., Darmawan, K., & Robustin, T. P. R. P. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Setia Kawan Stationery Di Kabupaten Lumajang. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 2(2), 128-134.
Tjiptono, F. dan Anastasia, D. 2016. Pemasaran, Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, F. dan Chandra, G. 2017. Pemasaran Strategik.
Edisi ke-3. Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI).