PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN KULIT MANIS PADA CV. REMPAH SARI KOTA PADANG

Authors

  • Alfi Rizki
  • Agus Sutarjo
  • Yulistia

Keywords:

Strategi Pemasaran Segmenting, Targeting, Positioning dan Volume Penjualan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi segmenting, targeting, dan positioning terhadap peningkatan volume penjualan pada CV. Rempah Sari di Kota Padang baik secara parsial maupun secara simultan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan angket atau kuesioner, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan kepada Karyawan CV. Rempah Sari Padang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa: 1) Secara parsial Strategi Segmentasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Volume Penjualan Kulit Manis pada CV. Rempah Sari Kota Padang. Hal ini diketahui dari hasil uji t dimana t hitung sebesar 0,482 yang lebih kecil dari nilai t tabel sebesar 2,069 atau dapat dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,635 > 0,05. 2) Strategi Targeting berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Volume Penjualan Kulit Manis pada CV. Rempah Sari Kota Padang. Hal ini diketahui dari hasil uji t dimana t hitung sebesar 2,506 yang lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,069 atau dapat dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,020 < 0,05. 3) Strategi Positioning berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Volume Penjualan Kulit Manis pada CV. Rempah Sari Kota Padang. Hal ini diketahui dari hasil uji t dimana t hitung sebesar 3,345 yang lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,069 atau dapat dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,003 < 0,05. 4) Strategi Segmentasi, Strategi Targeting dan Strategi Positioning secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Volume Penjualan Kulit Manis pada CV. Rempah Sari Kota Padang. Hal ini dikarenakan nilai F hitung 5,508 yang lebih besar dari nilai F tabel sebesar 2,96 dengan nilai sig yang dihasilkan dari perhitungan adalah 0,005 yang lebih kecil dari ? yang digunakan sebesar 0,05.

References

Agussalim Manguluang, 2017. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang
Anshary, 2014. Strategi Pemasaran dalam Peningkatan Kepuasan Pelanggan. Bandung: Penerbit Angkasa.
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Assauri, Sofyan, 2015. Manajemen Pemasaran Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.
Boone dan Kurtz, 2012. Pengantar Bisnis. Erlangga: Jakarta.
Catur, Rismiati.E. dan Ig. Bondan Suratno. 2011, Pemasaran Barang dan Jasa. Kanisius: Yogyakarta.
Cravens, Donald, 2014. Market Leader and Advertising Promotion. Prentice Hall, Ohio University Press, USA.
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.
Djaslim Saladin, 2012, Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan Pelaksanaan, Unsur-unsur Pemasaran, CV. Linda Karya, Bandung.
Fanggidae, Apriana H.J. 2012. Strategi Pemasaran Pariwisata: Segmentation ,target market ,positioning,dan marketing mix. Fisip Universitas Nusa Cendana Kupang.
Freddy Rangkuti, 2015. Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 23 (edisi kedelapan) Semarang: Universitas Diponegoro.
Kasmir, 2010. Pemasaran Bank (Edisi Revisi). Kencana, Yogyakarta.
Kasali, Rhenald. 2011. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan. Positioning. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Keegan dan Green. 2013. Global Marketing. Edisi 6. Penerbit London Pearson.
Kotler, Philip. & Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler Philip, 2014. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Edisi 9 PT. Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Lupyoadi, R dan Hamdani, A. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
M.Nur Rianto Al Arif, 2010. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Alfabeta, Bandung
Nitisemito, Alex. S. 2013. Marketing. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Norton, Schiffman 2014. Manajemen Pemasaran Global. Kanisius. Yogyakarta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suryana, 2006. Kewirausahaan Pediman Praktis Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat, Jakarta.
Swastha, Basu dan Irawan, 2015. Manajemen Pemasaran. Bandung: Remaja Karya.
Fandi Tjiptono dan Gregorius Chandra, 2014. Pemasaran Strategik, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy, 2013. Strategi Pemasaran. Andi Offset, Yogyakarta.
Widyaningtyas Sistaningrum, 2012, Manajemen Penjualan Produk,. Yogyakarta : PT. Taristo.
Winardi, 2013. Aspek-aspek Bauran Pemasaran. Bandung: Mandar Maju.
Zain, Umar, 2013. Pemasaran Jasa dan Konsep Implementasi. Cetakan Pertama, Remaja Rosdakarya, Jakarta.
Aprizal, Hendry. 2011. Efektifitas Segmentasi Pasar terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada PT. Semen Tonasa di Pangkep. Jurnal. Makassar: fak. Ekonomi UNHAS.
Azizah, 2014. Analisis Pengaruh Strategi Segmentation, Targeting dan Positioning (STP) Terhadap Penjualan Produk Asuransi Fullnadi pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Cirebon. Jurnal. Cirebon: Fak. Syariah IAIN.
Fandry Nurcahyo dan Aniek Wahyuti. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Restoran Mcdonald’s Delta Plaza Surabaya. Jurnal Vol. 5 No. 4. Sekolah Tinggi Ilmu EkonomiIndonesia. Surabaya
Hendry Hartono, Karyawana Hutomo, dan Marshelia Mayangsari. 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatanpenjualan Pada Perusahaan” Dengan Menetapkan alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantarasebagai Objek Penelitian. Jurnal Vol. 3 No. 2. Universitas Bina Nusantara
Jafar, Mutmainna. 2012. Analisis Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Penjualan Pipa Pada PT Rajawali Jaya Sakti Di Makassar. Jurnal. Makassar: Fak. Ekonomi UNHA.
Khalid Iskandar dan Wilan Amdriyani. 2014. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Batubara Pada PT. Cahaya Mantingan Nusantara Jakarta. Jurnal Vol. 7 No. 1. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. Cirebon
Paul Parsaoran Silitonga. 2016. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Kimia Farma Trading & Distribution. Jurnal Matik Penusa Vol. 19 No. 1. Medan.
Rina Rachmawati, 2011. Peranan Bauran (Marketing Mix Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Study Bisnis Restoran, Jurnal Kompetensi Teknik, Vol.2.

Downloads

Published

2022-09-02