PENGARUH PELAYANAN PEGAWAI DAN KUALITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT KECAMATAN SIKAKAP Studi Kasus Pembuatan KK DAN KTP
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Pengaruh Kualitas Kerja secara parsial terhadap Kepuasan Masyarakat. 2. Pengaruh Pelayanan Pegawai secara parsial terhadap Kepuasan Masyarakat. 3.Pengaruh Kualitas Kerja dan Pelayanan Pegawai secara simultan terhadap Kepuasan Masyarakat Kantor Kecamatan Sikakap. Populasi penelitian ini adalah penduduk kecamatan sikakap yang membuat KTP dan KK tahun 2021 dengan jumlah 11.450 orang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang Penduduk di Kecamatan Sikakap yang membuat KTP dan KK Tahun 2021. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling. Data penelitian menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat Kecamatan Sikakap. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi serta uji hipotesis t dan F. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1. Pelayanan Pegawai secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. 2. Kualitas Kerja secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. 3. Pelayanan Pegawai dan Kualitas Kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Kontribusi Pelayanan Pegawai Kualitas Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat Kantor Kecamatan Sikakap sebesar 22.1% sedangkan sisanya 78,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Article Details
References
Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Agussalim Manguluang, (2017). Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang.
Alifia, G., Elmas, M., & Hermanto, H. (2021). Pengaruh kualitas Pelayanan Harga Dan Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Servis Motor Di Dealer Yamaha Kartika 3 Kabupaten Probolinggo. upm. ac. id..
Amhas, M. (2018). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pelayanan dan Kualitas Kerja terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Makassar 01 Selatan. Jurnal Mirai Management, 3(1), 136-149..
Astri, F. (2021). Pengaruh kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Pembuatan E-Ktp Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tolitoli. Media Bina Ilmiah, 15(9), 5139-5146..
Duriat, A., & Vaughan, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai E-KTP Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kecamatan Kramatmulya. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(1), 18-27.
Dewi, A. S., & Muhsin, M. (2019). Pengaruh Kompetensi, Komitmen, Kinerja, dan Pelayanan Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1249-1259
Edison, Emron. (2016). Manajemen Sumber Daya. Manusia. Bandung: Alfabeta.
Fitriani, Y. (2020). Pengaruh kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Penerima Dana Hibah Di Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Selatan. Matua Jurnal, 2(3), 83-96..
Garin, M. I. (2021). Pengaruh kualitas Pelayanan pembuatan e-ktp terhadap kepuasan masyarakat pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten sukabumi. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(7), 1875-1882.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm.Spss 24 (Edisi Keenam.) Semarang: Universitas Diponegoro
Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit. Bumi Aksara.
Irfan Zevi, (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pada PT. Proderma Sukses Mandiri. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Ismawanto, T., Setianegara, R. G., & Rahmani, S. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan Dan Kinerja Pegawai Frontliner Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Balikpapan Sudirman Unit Klandasan. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 16(1), 1-11.
Javed, S. A., Liu, S., Mahmoudi, A., & Nawaz, M. (2019). Patients' satisfaction and public and private sectors' health care service quality in Pakistan: Application of grey decision analysis approaches. The International journal of health planning and management, 34(1), e168-e182.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Li, Y., & Shang, H. (2020). Service quality, perceived value, and citizens’ continuous-use intention regarding e-government: Empirical evidence from China. Information & Management, 57(3), 103197.Pramularso, E. Y. (2020). Pelayanan Pegawai dan Kualitas Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kementerian Ketenagakerjaan. Jurnal Perspektif, 18(1), 68-74.
Lubis, L. A. P., Cahyono, Y. T., & MM, A. (2018). Analisis Pengaruh Pelayanan Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada KOPMA UMS) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Lupiyoadi, Rambat, (2016). Manajemen Pemasaran Jasa, Selemba Empat. Jakarta
Moeheriono. (2017). Pengkuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia Indonesia
Priansa. Juni Suwatno dan Donni (2016). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Prayogo, T., & Ismiyati, I. (2018). Pengaruh Kualitas Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1148-1162.
Pramularso. (2020) Pengaruh kualitas Pelayanan dan Kualitas Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kementerian Ketenagakerjaan. Jurnal Perspektif, 18(1), 68-74.
Palijama, F. (2021). The Effect of Public Service Quality on Community Satisfaction in Districts of Gorom Island, Eastern Seram. International Journal of Business, Technology and Organizational Behavior (IJBTOB), 1(3), 189-201.
Poetri, R. I., Mantikei, B., & Kristiana, T. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan Pegawai dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Pegawai Pada Kantor BPPRD Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 1(3), 179-186.
Pratiwi, A. (2021). Pengaruh kuaitas Pelayanan dan kinerja Pegawai terhadap kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Kota Pinang (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).
Sopiatin, Popi (2017) Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan kerja,. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan. Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama. Bandung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Septiana, A., & Nawangsari, E. R. (2022Pengaruh kualitas Pelayanan Pengurusan E-KTP terhadap Kepuasan Masyarakat Kecamatan Candi Sidoarjo. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), 1645-1656.
Sulila, I. (2021). The Effect of Service Quality and Employees’ Performance Towards Community Satisfaction. In Journal of International Conference Proceedings (JICP) (Vol. 4, No. 2, pp. 599-611).
Siswadhi, F. (2016). Analisa pengaruh Pelayanan dan kinerja Pegawai badan pertanahan nasional kabupaten kerinci terhadap kepuasan masyarakat. Jurnal Benefita, 1(3), 177-183.
Tjiptono, Fandy (2017) Pemasaran Jasa, Penerbit Banyumedia Publishing, Jawa Timur.
Virgiawansyah, 2019) Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(06).