PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, HARGA, PROMOSI PENJUALAN, PEMASARAN DIGITAL TERHADAP MINAT BELI

Studi Kasus Konsumen Hoki Store

Authors

  • Vivi Nofitasari Universitas Ekasakti
  • Agus Sutardjo Universitas Ekasakti
  • Sunreni

Keywords:

Kelengkapan Produk, Harga, Promosi Penjualan, Pemasaran Digital, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan produk, harga, promosi penjualan, pemasaran digital terhadap minat beli secara persial dan simultan pada konsumen Hoki Store. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan persepsi konsumen pada variabel bebas penelitian jika jika dilihat dari faktor deskripsi identitas responden (jenis kelamin, usia, dan penghasilan). Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah dengnan teknik Random Sampling. Data penelitian diperoleh dengan membagikan kuesioner penelitian tentang kelengkapan produk, harga, promosi penjualan, pemasran digital serta minat beli kepada 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian  Analisis Regresi Linear Berganda, Koefisien Determinasi, Uji T, Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kelengkapan produk secara persial berpengaruh  signifikan terhadap minat beli pada konsumen Hoki Store. 2) Harga secara persial berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada Hoki Store. 3) Promosi penjualan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen Hoki Store. 4) pemasaran digital berpengaruh secara persial terhadap minat beli konsumen Hoki Store. 5) kelengkapan preduk, harga, promosi penjualan, pemasaran digital secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen Hoki Store.

References

Agussalim, Mangguluang. 2017. Statistik. Padang: Ekasakti Press
Agussalim, Mangguluang. 2018. Metodologi penelitian. Padang: Ekasakti Press.
Agussalim, Mangguluang. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan. Padang: Ekasakti Press.
Agussalim, M., & Ali, H, 2017. Model kepuasan pelanggan: Analisis kualitas produk dan kualitas layanan terhadap citra merek pada giant citra jaya Jakarta. Jurnal Manajemen, 21(3), 317-335
Azwar, Saifuddin. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ari Setyaningrum, prinsip-prinsip Pemasaran .CV. Andi Offset, Yogyakarta.Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2016, marketing manajement,15th Edition pearson Education, Inc, New Jersey.
Andi( 2015:128) , pemasaran jasa, penerbit andi, Yogyakarta
Assauri (2015:352) Manajemen Pemasaran ,Jakarta, PT Raja Grafindo Persada
Ari setyaningrum, 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran, CV Andi Offest, Yogyakarta
Buchari Alma, 2016, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa. Bandung, alfabeta.
Djaslim Saladin, 2015, Intisari pemasaran dan unsur-unsur pemasaran, cetakan keempat, Linda Karya, Bandung
Dafe Chaffey 2016, Digital Marketing, Sixth Edition.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Harman Malau.2017. Manajemen Pemasaran Bandung : Alfabeta.
Kotler, Philip and Gary Amstrong 2016, Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid I Jakarta – Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller, 2016, Marketing Manajement 16 edition. New Jersey. Pearson.
Kotler, Philip, and Gary Amstrong, 2016, Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 3, jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler dan keller, 2018, Principle Of Marketing, 17e Global Edition, Pearson Education Limitid , New York
Malau, Herman, 2017, Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
JURNAL
Sandy Sinambow, Irvan Trang 2015. Pengaruh harga, lokasi, promosi dan Kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada took computer Game Zone Mega Mall Manado.
Malau, Herman, 2017, Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung : Alfabeta.
Dita Amanah, Tahun 2019, ISSN : 2620-5866 “Pengaruh dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian konsumen online Shop Tokopedia.com fakultas ekonomi jurusan manajemen universitas negeri medan “Kotler dan
Enos korowa, Tahun: 2018, ISSN : 2338-9605 “pengaruh kelengkapan produk dan harga terhadap pembelian ulang konsumen (studi kasus Freshmart manado)”
Elly Rahayu, February 2018, ISSN : 2615-4307 (print), ISSN : 2615-3262 (Online) “Pengaruh lokasi, kelengkapan produk, dan pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada imam market kisaran”Keller 2016 manajemen pemasaran.Jakarta : Erlangga
Fandy Tjibtono. 2015. Strategi Pemasaran Edisi 4 ,Andi Offest, Yogyakarta
Ita Musibbuk, Tahun 2019, ISSN : 411-420 “Pengaruh kelengkapan produk, kualitas layanan dan tata letak terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada Golden pasar swalayan di kota Manado)”
Jesikha inka emor, Wilem J.F.A Tumbuan, Tahun 2019, ISSN : 2303-1174 “pengaruh kelengkapan produk, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen RM. Bakso Solo pak Eko”
Jefri Aldi, Tahun : 2019, ISSN:XXX “Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen”
Juhari, Juni 2018, ISSN : 290-304 “Perspektif produk, harga , promosi , dan merek dalam keputusan pembelian Smartphone Samsung”
Kapriani, Desember 2020, ISSN : 2442-823X (Online), ISSN : 1907-0977 (Print) “Analisis pengaruh kelengkapan Produk, harga dan lokasi terhadap keputusan konsumen berbelanja di toko New Agung alat tulis dan kantor di makasar
Kotler Philip and Kevin Lane Keller, (2016) : marketing manajemen15th edition
Kotler,P dan keller, k. 2015, Manajemen pemasaran Erlangga. Jakarta
Kotler dan keller, 2016, Marketing Manajemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Kotler dan Amstrong (2015:452), Marketing an Introduction Prentice Hall twelfth Edition, England :pearson Education, Inc
Raharjani, 2015:3 Pengaruh kelengkapan produk dan pelayanan terhadap keputusan pembelian
Rois Aminullah, Akhmad Suharto, Tahun : 2018, ISSN :p- 2443-2830, ISSN:e- 2460-9471 “pengaruh harga lokasi dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian “
Rosa lemana, Tahun 2017, ISSN : 2598-0623, “Pengaruh kelengkapan produk dan penetapan harga terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus pada toko H. Uding Cisauk Tanggareng)”
Rois Aminullah, Tahun : 2019, ISSN: 2459-9921 “Dampak harga, lokasi, dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian”
Ryan kurniawan, Yuniar aisah krismonita, Tahun : 2020, ISSN : 2615-4978, P-ISSN: 2086-4620 “Pengaruh Kelengkapan Produk dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Giant Express Sukabumi “
Ryan (2017:31), Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Jakarta :Mitra Wacana Media
Suparyanto & Rosat.2015: 141. Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta
Tri widodo, Tahun : 2016, Pengaruh kelengkapan produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada swalayan adabaru di kota Salatiga)
Tri Almunawaroh, Muhammad Ngasifudin, Tahun :2019, p-ISSN : 1979-0643, e-ISSN : 2685-7324 “Pengaruh Kelengkapan barang dan harga terhadap minat belanja di pasar tradisonal cibeunyingn”
Utami, Cristina Widya. 2017. Manajemen Ritel strategi dan implimentasi ritel modern.Jakarta: Salemba Empat
Ni kadek Dewi Susanti, Putu Herny Susanti, Tahun : 2021, ISSN :144-163 “pengaruh lokasi, kelengkapan produk, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada alfamart Blakiuh di Kabupaten Bandung

Downloads

Published

2023-09-15