ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN HANDPHONE OPPO PADA BIAS PONSEL MANGUNSARKORO DI KOTA PADANG
Keywords:
Strategi Pemasaran dan peningkatan penjualan.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dalam meningkatkan penjualan produk dan merancang strategi baru yang tepat bagi Bias Ponsel Mangunsarkoro untuk dapat meningkatkan penjualan produk Handphone Oppo. Populasi yang digunakan Dalam penelitian ini karyawan dan konsumen Bias Ponsel Mangunsarkoro sebanyak 15 orang karyawan dan 312 konsumen dalam 6 bulan terakhir di tahun 2021. Pengambilan sampel penelitian ini dihitung menggunakan rumus slovin diperoleh sampel konsumen sebanyak 76 orang serta jumlah karyawan sebanyak 15 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deksriptif kualitatif dan analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa Faktor kunci internal Bias Ponsel Mangunsarkoro yang mempengaruhi penjualan produk oppo smartphone adalah spesifikasi produk, kegiatan pemasaran yang dilakukan perusahaan, keadaan keuangan perusahaan, harga produk, citra produk dimata konsumen, dan ketersediaan produk dipasar. Selanjutnya faktor kunci eksternal yang mempengaruhi penjualan produk oppo smartphone adalah pengetahuan masyarakat terhadap gadget, pola hidup masyarakat masa kini, tingkat pertambahan penduduk, kemajuan teknologi dan komunikasi yang dapat mempengaruhi faktor penjualan. Strategi yang dijalankan berdasarkan analisis SWOT yang telah sesuai dengan faktor Internal dan Eksternal perusahaan, Strategi pertama yang dilakukan berupa peningkatan dan memperbanyak promosi produk Oppo smartphone dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan komunikasi, dimana perusahaan bisa melakukan promosi dengan menayangkan iklan pada mediamedia sosial seperti youtube, facebook, instagram yang merupakan aplikasi dengan banyak pengguna sehingga masyarakat dapat melihat iklan produk Oppo Smartphone. Selain media sosial, promosi juga bisa dilakukan dengan memasang papan billboard berupa slogan Oppo smartphone yang kini sedang mengunggulkan slogan “camera phone”. Papan billboard bisa diletakkan di tempat yang dekat dengan lampu lalu lintas sehingga akan ada kemungkinan iklan tersebut dibaca oleh masyarakat yang sedang berhenti di lampu lalu lintas dan diharapkan iklan tersebut dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih produk smartphone. Strategi berikutnya adalah penambahan brand ambassador dibidang fotografi dimana Oppo smartphone sendiri mengangkat kamera sebagai keunggulan produk.
References
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. Edisi Pertama. Jakarta: Pernerbit. Pt. Raja Grafindo Persada.
Anisa, N. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Online (Studi Kasus pada Pemasaran Online di REALInc Store). Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada.
Ahmad Wahyudin, Azis Fathoni, SE,MM., Adji Seputro, SE,MM, 2020., Swot Analysis In Determining Alfamart Marketing Strategy (Alfamart Overlapping Case Study In Semarang), Journal of Management. ISSN : 2502-7689 Vol 6, No 1
Angelica Tamara., 2016. Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis.Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen.Vol 4 No 3.
Arikunto. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta.
Buchari Alma. (2018) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.
Darmanto, & Wardaya, S. (2016). Manajemen Pemasaran: Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah. Yogyakarta: Deepublish
Firmansyah · (2019) Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Bandung,.Alfabeta
Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Harman, Malau (2017) Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global.Bandung .Alfabeta .
Husein, (2016). Strategic Management in Action. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama.
Iha Haryani Hatta, Dian Riskarini, & Tia Ichwani., 2018. Business Development Strategy Model of SMEs Through SWOT and EFE-IFE Analysis. Journal of Economics and Business ISSN: 2503-4235 (p); 2503-4243 (e)
Irawan. (2015). Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta. Liberty
Kotler, Phillip dan Kevin L. Keller. (2016). Marketing Management 16 edition. Jakarta .Erlangga.
Lerbin R. Aritonang R.(2017).Kepuasan Pelanggan .Gramedia Pustaka Utama.Jakarta .
Maulana, A. S. (2016). The Influence Of Service Quality And Price On Customer Satisfaction PT. TOI. Jurnal Ekonomi , 113-125.
Md. Sanaul Haque Mondal, 2017., Swot Analysis And Strategies To Develop Sustainable Tourism In Bangladesh, UTMS Journal of Economics 8 (2): 159–167.
Muhammad Bukhori Dalimunthe., 2017. Keunggulan bersaing melalui orientasi pasar dan inovasi produk, Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, ISSN 2407-263X.
Nisak, Zuhrotun. 2013. Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Jurnal Ekbis Vol 9 No 2.
Nurul Shabrina, Bakkareng., 2020. Analisis swot untuk meningkatkan jumlah konsumen di lazada express padang. Jurnal Matua, Vol. 2 , No. 4, Desember 2020, Hal : 393-410
A.Pearce, John II, Richard B.Robinson, Jr. (2015). Manajemen strategi. Jakarta: Salemba Empat
Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. (2018). Consumer Behavior. Perilaku konsumen dan Strategi PemasaranJilid 2.Edisi 4. Jakarta: Erlangga.
Rangkuti. Freddy (2017). Customer Care Excellent Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima Plus Analisis Kasus Jasa Raharja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ratih Wahyuningrum., 2018, Analisis strategi e-marketing Untuk meningkatkan minat beli online, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 21 No. 3 / 2018.
Reca Elyarni, Hermanto., 2016,Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP,Jurnal Metris ISSN: 1411 – 3287.
Risma Dwi Komala, Tri Indra Wijaksana., 2019. Analisis strategi pemasaran menggunakan analisis swot studi pada eduplex Coworking space bandung.ISSN : 2355-9357 e-Proceeding of Management : Vol.6, No.1 April 2019.
Rusydi Fauzan, Rina Supryanita, Rahmatika Rahmatika., 2021.Analisis Strategi Pemasaran Untuk Peningkatan Daya Saing Pada Bisnis Kafe Di Kota Bukittinggi (Studi Kasus Kafe Teras Kota), Jurnal Manajemen Bisnis Syariah Vol 1 No 1.
Salfadri, 2015. Analisa Perencanaan Perparkiran Pasar Raya Padang, Jurnal erudisi Wahana Pengkajian Sosial & Politik.ISSN 2087-8370.
Sri Haryanti, Bambang Mursito, Sudarwati, 2019., Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada PT. Danar Hadi Surakarta, Jurnal Ilmiah Edunomika, Vol 3 No 1.
Sukirman. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 20 No. 1.
Sutojo. (2015). Good Corporate Governance. Jakarta: PT Damar Mulia Pustaka
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. (2015), Pemasaran Jasa–Prinsip,Penerapan,dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Triandini, & Atmojo. 2014. Pengembangan model E-Commerce Untuk Peningkatan Kinerja UKM Kota Denpasar. Eksplora Informatika, Vol 3 No 2
Yunita, Y., Kumbara, V. B., & Andri Wijaya, R., 2020., Analisis Strategi Pemasaran Pada Pt Gojek Indonesia., Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(6), 568-579.
Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. (2017). Services Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm 6 thed. Jakarta Erlangga.