ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA TAMAN PANORAMA LOBANG JEPANG BUKITTINGGI
Keywords:
Strategi Pemasaran, Analisis SWOT.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui Analisis Strategi Pemasaran Pariwisata Taman Panorama Lobang Jepang Bukittinggi. Teknik dalam mengumpul datanya mempergunakan kuisioner, pengamatan serta wawancara. Data tergolong kualitatif sumbernya dari data primer. Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu pengunjung Taman Panorama Lobang Jepang tahun 2021 yang seluruhnya berjumlah 104.016 pengunjung dengan sampel menggunakan Simpel Random Sampling. Didapatkan sampel peneltiian sebanyak 100 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis EFAS, analisis IFAS,IE matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Berdasarkan diagram Analisis Cartesius maka diketahui pariwisata berada pada kuadran 1. Pada diagram ini sangat jelas menunjukkan pariwisata dapat memanfaatkan peluang dan kekuatan yang ada untuk terus melakukan pengembangan (agresif) untuk meningkatkan daya saing. Maka dapat disimpulkan strategi yang tepat untuk meningkatkan daya saing Taman Panorama Lobang Jepang adalah strategi SO. Strategi SO adalah strategi yang dibentuk menurut alur pemikiran objek, yang mempergunakan semua kekuatan dalam merebut serta mempergunakan kesempatan semaksimal mungkin
References
David, Fred, R. 2017. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep. Edisi 12. Jakarta. Salemba Empat
Fandy, Tjiptono. 2016. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian), Penerbit Andi, Yogyakarta.
Fatimah, Fajar Nur’aini D. 2016, Teknik Analisis SWOT, Quadrant, Jakarta. Hasibuan, Malayu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta
Irham Fahmi, 2015. Manajemen Strategis, Bandung: CV Alfabeta
Khairo, R., Permadi, L. A., & Sakti, D. P. B. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Pariwisata Di Desa Ketapang Raya Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Jurnal Riset Manajemen, 19(1), 8. https://doi.org/10.29303/jrm.v19i1.34
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta;Erlangga.
Kotler, P. dan Keller, L.K. 2016. Marketing Management, 15 Global Edition, Pearson.
Marlizar, Fandefi, H., & Yuslaidar, L. 2020. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan di Kota Banda Aceh. Journal of Economics Science, 6(2),89–99.
Porter, M .E. 2012. Keunggulan Besaing – Menciptakan dan Mempertahankan Kineja Unggul, Penerbit Erlangga.
Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta, Bandung
Rachmat, 2014. Manajemen Strategik, Bandung: CV Pustaka Setia,
Rangkuti, F. 2016. ANALISIS SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAl.PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Salfadri, 2015. Analisa Perencanaan Perparkiran Pasar Raya Padang, Jurnal erudisi Wahana Pengkajian Sosial & Politik.ISSN 2087-8370
Sofjan Assauri, 2018, Manajemen Perusahaan Dasar, Konsep & Strategi, jilid keempat belas, Edisi 1, Penerbit Rajawali Pers, Jakarta
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Penerbit ANDI, Yogyakarta
Sugandini, D., Effendi, M.I., Aribowo, A.S., Utami, Y.S. 2018. Marketing Strategy on Community Based Tourism in Special Region of Yogyakarta. Journal of Environmental Management and Tourism, (Volume IX, Summer), 4(28): 733-743.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta, Bandung
Suyadi. 2015. Pengaruh Program Sapta Pesona terhadap Peningkatan Pengunjung Obyek Wisata Guci Tegal. Jurnal Utilitas, Vol. 1, oktober 2015
Tjiptono, Fandy. 2017. Pemasaran Strategik Edisi 3, Penerbit ANDI Yogyakarta.
Undang Nomor 9 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan
Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan
Wahid, Abdul. 2015. Strategi Pengembangan Wisata Nusa Tenggara Barat Menuju Destinasi Utama Wisata Islami. UMY Yogyakarta.