PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIALRESPONSIBILITY

Studi Padaperusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018

Authors

  • Yudi Guntara
  • Agus Sutarjo
  • Yuli Adriani

Keywords:

Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan dan Pengungkapan CSR

Abstract

Penelitian ini mengguanakan teori Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan menghasilkan keuntungan dari aktivitas bisnisnya. Sedangkan ukuran perusahaan menggambarkan besar atau kecilnya suatu perusahaan. Dan teori Pengungkapan CSR merupakan yang sering juga disebut sebagai social disclosure atau social accounting merupakan proses pengkomunikasian dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan ekonomi organisasi terhadap kelompok khusus yang berkepentingan dan terhadap masyarakat secara keseluruhan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada laporan tahunan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek tahun 2016-2018 secara simultan. Variabel yang digunakan yakni profitabilitas dan ukuran perusahaan. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan SPSS 24 dan pengolahan data menggunakan model regresi linier berganda .Hasil penelitian didapatkan besarnya koefisien determinasi  ditunjukkan oleh angka adjusted R square yaitu sebesar 0,98. Hal  ini  berarti  9.8  %  variasi  perubahan  pengungkapan CSR dijelaskan  oleh  variasi perubahan  faktor-faktor profitabilitas dan ukuran perusahaan. Sementara sisanya sebesar 90.2 % diterangkan oleh faktor lain diluar kedua variabel. Sedangkan secara bersamaan profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap  pengungkapan CSR

References

Agus Sartono. (2012). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (4 th ed.). Yogyakarta: BPFE
Agussalim Manguluang, 2016, Metodelogi Penelitian. Padang. Ekasakti press
Amran, Azlan dan S. Susela Devi. 2008. “The Impact Of Government And Foreign Affiliate Influence On Corporate Social Reporting (The Case Of Malaysia)”. Accounting, Auditing and Accountability Journal, Vol. 23, No. 4, hal. 386-404
Andreas Tan et, al. 2015. The effect of firm size, media exposure and industry sensitivity to corporate social responsibility disclosure and its impact on investor reaction. International Conference on Accounting Studies (ICAS).
Annisa, Nazar. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Umur, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responbility. e-Proceeding of Management. Vol 2, No.1, hlm 313. ISSN : 2355-9357
Ardyansyah, Danis., Zulaikha. 2014. Pengaruh Size, Leverage, Profitability, Capital Intensity Ratio Dan Komisaris Independen Terhadap Effective Tax Rate (Etr). Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Erlangga Jakarta
Barnae Amir dan Amir Rubin, 2005. ”Corporate Social Responsibility as a Conflict Between Shareholders”. Jurnal Keuangan dan Perbankan. Vol.16, No 2
Brigham, F. E. dan J. F. Houston,. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Fundamentals of Financial Management. Edisi 10. Salemba Empat. Jakarta.
Darwin, Ali. 2007. The 2nd Sustainability Enterprise Performance Conference (SEPC). ISRA, September 2007.
Dewi, Karina Mutiara. 2013. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Dan Audit Delay Penyampaian Laporan Keuangan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.
Eka, Amelia Kusumaningrum, 2010, Analisis Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Asset, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal, Skripsi.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu
Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Teori Akuntansi. Edisi Revisi 2011. Jakarta: Rajawali Personal.
Hartono, Jogiyanto. 2014. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kelima. Yogyakarta: BPFE.
I Made Sudana. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga
Kartini, Dwi. 2009. Corporate Social Responsibility : Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Bandung : PT Refika Aditama.
Kasmadi, Dan Djoko Susanto. 2009. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Sukarela Dalam Laporan Tahunan PerusahaanPerusahaan DiIndonesia, Jurnal Akuntansi, Stie Ykpn, Yogyakarta
Kasmir, 2014. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.
Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kotler, Philip dan Nancy Lee. 2005. Corporate Social Responsibility; Doing the Most Good you’re your Company and Your Cause. NewJersey; JohnWiley& Sons,Inc.
Machmud, Novita dan Chaerul D. Djakman, 2008, Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (CSR Disclosure) pada Laporan Tahunan Perusahaan; Studi Empiris pada Perusahaan Publik yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2006, Simposium Nasional Akuntansi XI, Pontianak.
Mamduh M. Hanafi dan Halim, Abdul. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 4. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.
Mardikanto, Totok. 2014. CSR (Corporate Social Responsibility) (Tanggungjawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta
Munawir, 2014. Analisa Laporan Keuangan, Edisi Keempat. Cetakan Keempat Belas, Yogyakarta: Penerbit Liberty
Nor ,Hadi. (2011). Corporate Social Responsibilty. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Novianti, Ratih. 2009. Menyusui Itu Indah. Yogyakarta: Octopus
Organization for Economics Co-operation and Development (OECD) Principles of Corporate Governance. 2008. http://oecd.org/. Diakses tanggal 5 Januari 2019.
Rinaldi dan Cheisviyanny, Charoline. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Kompensasi Rugi Fiskal Terhadap Tax Avoidance. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (Snema) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. ISBN: 978- 602-17129-5-5
Rosmasita, Hardhina. 2007. ”Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan sosial (Social Disclosure) Dalam Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta”. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Rusdianto, Ujang. (2013). CSR Communications A Framework for PR Practitioners. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rustiarini, N. W, 2010, Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Jurnal Riset Akuntansi.
Sari, dkk. (2016). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Benefita Vol 1 No. 2
Seftianne dan Handayani, Ratih. 2011. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi struktur Modal pada Perusahaan Publik Sektor Manufaktur”. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol. 3, No. 1, hlm. 39-56.
Siahaan, Uke Marius et, al. 2014. The Influence of Company Size and Capital Structure towards Liquidity, Corporate Performance and Firm Value, for Large and Small Group Companies. European Journal of Business and Management, Vol 6, No. 18.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Susanti, Yayuk dan Sasi Agustin. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Food and Beverages. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 4, No. 9, Hal: 1-15.
Undang-undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal
Undang–undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas yang mengatur mengenai CSR
Untung, Budi, 2014. CSR dalam Dunia Bisnis, Yogyakarta: Andi.
Widianto, Hari Suryono. 2011. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Aktivitas, Ukuran Perusahaan, dan Corporate Governance terhadap Praktik Pengungkapan Sustainability Report (Studi Pada Perusahaan-Perusahaan yang Listed (Go-Public) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2007-2009). Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro
Wusita usada, 2017. Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Manajemen Laba Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR).Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta
Yasmira , Sari. 2017. Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). e- Proceeding of Management. Vol.4, No. 2. ISSN: 2355-9357.
Yusuf Wibisono, 2007, Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility), PT Gramedia, Jakarta.

Downloads

Published

2021-09-07

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>