PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER), EARNING PER SHARE (EPS) DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2013-2017

Authors

  • Reti Yulfitri
  • Agus Sutarjo
  • Sri Yuli Ayu Putri S

Keywords:

Debt to Equity Ratio, Earning Per Share dan Return On Asset terhadap Nilai Perusahaan.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh, Debt to Equity Ratio, Earning Per Share dan Return On Asset terhadap Nilai Perusahaan. Variabel independen yang digunakan adalah , Debt to Equity Ratio, Earning Per Share dan Return On Asset. Variabel dependen yang digunakan adalah Nilai Perusahaan. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan Perbankan  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2013-2017. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 9 Bank.  selama periode pengamatan 5 tahun berturut-turut sehingga total sampel 45. Metode analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Debt to Equity Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Hal ini diketahui dari hasil uji t dimana t hitung sebesar -1,117 lebih kecil dari t tabel sebesar 2,30600 atau dapat dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,270 > 0,05. (2) Earning Per Share secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Hal ini diketahui dari hasil uji t dimana t hitung sebesar 5,891 lebih kecil dari t tabel sebesar 2,30600 atau dapat dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,000 > 0,05. (3) Return On Asset secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Hal ini diketahui dari hasil uji t dimana t hitung sebesar 1,673 lebih kecil dari t tabel sebesar 2,30600 atau dapat dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,102 > 0,05. Sedangkan Debt to Equity Ratio, Earning Per Share dan Return On Asset secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan Perbankan  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)  periode 2013-2017, Hal ini diketahui dari nilai F hitung sebesar 14,526 yang lebih kecil dari F tabel sebesar  5,14 dan nilai signifikan yang dihasilkan dari perhitungan adalah 0,000 yang lebih  kecil dari ? yang digunakan sebesar 0,05.

References

Agussalim Mangguluang, 2016 : 51. Metodologi Penelitian, Ekasakti Press, Padang
Fahmi, Irham. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Bandung : ALFABETA
Ghozali, Imam. 2014. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 23 (edisi kelima.) Semarang: Universitas Diponegoro.
Hermuningsi, Sri, 2013 “Nilai perusahaan Edisi Satu, cetakan Keempat
Harmono. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ke-2. Bandung: Alfabeta
Lestari, Kurnia, Rita Andini, And AbrarO emar. 2016. Analisis Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Aktivitas, Ukuran Perusahaan Dan Penilaian Pasar Terhadap Return Saham (Pada Perusahaan Real Estate Dan Property Di Bei) PeriodeTahun 2009-2014. Journal Of Accounting 2.2.
MHD RAJAD :2019. Pengaruh Earning Per Share Dan Net Profit Margin Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Yang tergabung Dalam Indeks Lq-45 Dibursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Muhammadiyah. Vol.4 No.1.
Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan.. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Natalia Ogolmagai 2013 pengaruh DER, DAR terhadap nilai perusahaan yang terdaftar di bursa efek indonesia tentang DER dan DAR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Asep Alipidin dan Resi Otaviani 2014 pengaruh ROA,DER dan EPS sama-sama berpengaruh positif terhadap ukuran perusahaan pada perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia.
Iska Yansi Rinnaya DKK, 2016 pengaruh profitabilitas, ratio akreditas, keputusan pendanaan, keputusan investasi dimana ROA ,TATO dan DER berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang terdaftar dibursa efek indonesia dan sedangkan PER tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Thomas, lauda, 2012-2016 pengaruh ROA,DER dan EPS terhadap harga saham pada sektor industri dasar dan kimia di bursa efek indonesia yang hasil penelitiannya menunjukan bahwa ROA dan EPS secara similtan berpengaruh signifikan terhadap harga saham dan DER berpengaruh negatif terhadap harga saham yang terdaftar di bursa efek indonesia.
Muhammad Khairil Anwar dan Farida, 2015 pengaruh ROA,DER dan EPS terhadap ukuran perusahaan, yang hasil penelitian hipotesis menunjukan bahwa risiko sistematis dan EPS berpengaruh positif dan signifikan dan nilai tukar rupiah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ukuran perusahaan pada perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia.
Indra Lila Kusuma, 2015, “pengaruh asset growth, debt to equity ratio, return on equity, total asset turnover dan earning per share yang hasil penelitian secara simultan berpengaruh signifikan terhadap beta saham asset growth secara persial berpengaruh signifikan terhadap beta saham dan ROE tidak berpengaruh terhadap harga saham yang terdaftar di bursa efek indonesia”.
(MHD RAJAB ; 2017) pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusaha dengan coporate sosial responsibility sebagai variabel moderating (perusahaan manufaktur yang terdaftar dijakarta islamic index)
Anjani, Juwita Rini Dwi, 2016 “pengaruh ROA, DER dan EPS terhadap ukuran perusahaan yang terdaftar di bursa efek indonesia yang hasil penelitiannya bahwa arus kas operasi, arus kas investasi, Return On Asset (ROA), debt to equity ratio (DER) berpengaruh signifikan dan sementara ini variabel arus kas pendanaan, laba, kotor dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap ukuran perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia”.

Downloads

Published

2021-12-21

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.