PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2018)

Main Article Content

Ladhifa Yolanda
Bakkareng
Sunreni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas dalam memoderasi hubungan antara Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu data yang dikumpulkan dari laporan tahunan perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode tahun 2014 – 2018. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa: 1) Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2014 – 2018. 2) Profitabilitas berpengaruh signifikan dalam memoderasi hubungan antara Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dan Profitabilitas sebagai variabel moderasi dapat memperkuat hubungan antara Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan

Article Details

Section
Articles

References

Anggraini, Fr. R. R. 2016. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan. Simposium Nasional Akuntansi IX.
Ameici, A 2015. Pengaruh Environmental Performance dan Hard Environmental Disclosure Terhadap Return Saham. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol 14 No 2.
Assidiqi, M 2019. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dharma Andalas Padang.
Belkaoui, Riahi, A, 2015. Teori Akuntansi. Salemba Empat: Jakarta.
Brealey, Myers, dan Marcus, 2014. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Erlangga: Jakarta
Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. 2014. Dasar-dasar Manajemen. Keuangan. Salemba Empat: Jakarta
Chariri, Anis, dan Imam Ghozali, 2014. Teori Akuntansi International Financial Reporting Standards. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Dahlia, L. dan S. V. Siregar. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan. (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2012 dan 2013). Jurnal Nasional Akuntansi, Vol 1, No 4.
Dendawijaya, Lukman, 2013. Manajemen Perbankan. Ghalia Indonesia: Jakarta.
Evelyn Stacia dan Juniarti, 2015. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Harga Saham, dan Debt To Equity Ratio terhadap Nilai Perusahaan di Sektor Pertambangan. Jurnal Akuntansi Bisnis Universitas Kristen Petra, Vol. 3, No. 2.
Fahmi, Irham. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta: Bandung.
Ghozali, I 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 25. Universitas Diponegoro: Semarang.
Gitosudarmo,I dan Basri. 2014. Manajemen Keuangan. BPFE: Yogyakarta.
Global Reporting Initiative (GRI). 2015. Pedoman Laporan Berkelanjutan (GRI–G4).Versi Bahasa Indonesia.
Hackston, David dan Markus J.Milne. 2014. Some Determinants of Social and Environmental Disclosure in New Zealand Companies. Journal Accounting, Auditing and Accountability. 9 (1):77-108.
Hanafi, Mamduh M dan Halim, A. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi. Kedua. UPP STIM YKPN: Yogyakarta.
Harahap, Syafri, S, 2013. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan Edisi 11. Rajawali Pers: Jakarta.
Hermawan, 2014.Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Pemoderasi pada Perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Dinamika Akuntansi, Vol 6, No 2.
Kusumadilaga,R 2010.Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Manguluang, A, 2017. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press: Padang
Mardikanto, T, 2014. Corporate Social Responsibility (Tanggungjawab Sosial Perusahaan). Alfabeta: Bandung
Marissa Yaparto, 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Pada Sektor Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2010-2011. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol.2 No.1.
Margaretha, Farah. 2014. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Dian Rakyat: Jakarta.
M. Nazir, 2014. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia: Bogor.
Muhammad Assidiqi, 2019. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dharma Andalas Padang.
Nurlela dan Islahuddin, 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Nasional Akuntansi, Vol 1, No 2.
O’Donovan, G. 2014. Extending The Applicability and Predictive Power of Legitimacy Theory. Accounting, Auditing & Accountability Journal, Vol.15, No.3.
Prasetyo, A, H. 2013. Valuasi Perusahaan. PPM: Jakarta Pusat
Pangabean, T. 2015. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. PT. Bumi Aksara: Jakarta.
Prawironegoro,D 2012, Akuntansi manajemen, edisi 3, Wacana Media: Jakarta.
Rimba Kusumadilaga, 2010.Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
Sekaran, Uma, 2017. Metode Penelitian Untuk Bisnis, Edisi Keenam. Salemba Empat, Jakarta.
Silvia Agustina, 2013. Pengaruh Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Artikel Ilmiah, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
Suci Ramona, 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Skripsi Sarjana, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian.
Sartono A, 2014. Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. BPFE: Yogyakarta
Sugiono, A dan Untung, A. 2012. Panduan Praktis Dasar Analisa Laporan. Keuangan. Grasindo: Jakarta.
Sujarweni, V. Wiratna. 2016. Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru.
Syamsuddin. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Utomo, M., H. Buchari., I.S. Banuwa. 2017. Olah Tanah Konservasi: Teknologi, Akuntansi pertanggung jawaban. Alfabeta: Bandung.
Weston, J.F dan Copeland. 2012. Dasar–Dasar Manajemen Keuangan Jilid. II. Erlangga: Jakarta.
Wijayanti, Titik, 2012. Marketing plan! Dalam bisnis. Second edition, PT. Elex Media Komputindo: Jakarta.