PENGARUH LAPORAN REALISASI ANGGARAN DALAM MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KOTA PADANG

Authors

  • Dwi Destri Arnianto
  • Afdal Sati

Keywords:

Laporan Realisasi Anggaran dan Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kota Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat laporan realisasi anggaran dalam mengukur kinerja keuangan pemerintah daerah Kota Padang dan mengetahui sejauh mana kinerja keuangan pemerintah Kota Padang Tahun 2014. Laporan Realisasi Anggaran merupakan laporan yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi dan pemakaian sumber daya keuangan yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah. Sedangkan kinerja keuangan pemerintah adalah tingkat pencapaian suatu target kegiatan keuangan pemerintah daerah yang diukur melalui indikator- indikator keuangan yang dapat dinilai dari hasil pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Analisis data pada penelitian ini menggunakan rasio kemandirian keuangan daerah, rasio desentralisasi fiskal, rasio efektifitas dan efisiensi PAD, dan uji tanda.

Hasil analisis menunjukkan bahwa laporan realisasi anggaran dalam mengukur kinerja keuangan pemerintah daerah Kota Padang Tahun 2011-2014 telah sesuai dengan Peraturan standar Akuntansi Pemerintah (PSAP) Tahun 2010. Sedangkan kinerja keuangan pemerintah Kota Padang Tahun2011-2014 hasil pembahasan tidak mengalami perbedaan secara signifikan, tingkat keterganatungan masih dikategorikan tinggi. Artinya bahwa kemampuan  pemerintah dalam hal meningkatkan pendapatan asli daerah relatif sama atau tidak ada peningkatan secara signifikan pendapatan asli daerah relatif sama atau tidak ada pemerintah daerah kota padang dalam meningkatkan pendapatan asli daerahnya. Rasio efektifitas menunjukkan cukup efektif pada tahun 2011 dan sangat efektif mulai dari tahun 2011 sampai 2014 dalam pengelola PAD, kondisi  tersebut dapat dilihat dari komponen rasio efektifitas, pada saat target pendapatan asli daerah meningkat, tetapi kondisi riil justru sebaliknya, hal ini bisa saja disebabkan oleh sumber penerimaan pendapatan asli daerah yang terbesar yaitu berasal dari pajak daerah dan retribusi daerah belum bisa dimaksimalkan.

References

Agussalim Manguluang, 2010. Metodologi Penelitian, Ekasakti Press, Padang.
Agussalim Manguluang, 2013. Statistik, Ekasakti Press, Padang.
Abdul Halim, 2012. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta : Salemba Empat.
Mohamad Mahsun, 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta : Penerbit BPFE.
Mahmudi, 2011. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : UII Press.
Pemerintah, 2013.Standar Akuntansi Pemerintah, Bandung : Fokusindo Mandiri.
Mahmudi, 2007. Manajemen Kinerja Sektor Publik Edisi Revisi, UPP STIM YKPN, Yogyakarta
Mardiasmo, 2006. Akuntansi Sektor Publik, Andi, Yogyakarta
Mahmudi, 2004, Analisis laporan keuangan pemerintah daerah, edisi II Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN
Tim Penyusun Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti Padang, 2013. Buku Pedoman Penulisan Proposal Skrisi/Skripsi/Tugas Akhir Dan Artikel Jurnal Ilmiah , Ekasakti Press, Padang.
WidyAstuti, 1998, Analisa Laporan Keuangan Sebagai Salah Satu Alat Pemberian Kredit Pada Bank Bukopin Cabang Padang, Skripsi, Akademi Akuntansi Indonesia, Universitas Ekasakti Padang.
Desi Yulia, 2014, Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Mina Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SMA Negeri Kecamatan Koto Tangah Padang, Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang.
Novia Vinanda, 2015, Analisa Laporan Realisasi Anggaran Sebagai Alat Bantu Dalam Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Dana Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Agam, Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti Padang.
Wilma Eliza, 2012, Analisa Laporan Keuangan Pemerintah Dalam Pengukuran Kinerja Operasional Pada Pemerintahan Kabupaten Agam Tahun Anggaran 2009-2010, Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti.
Afriyeni, 2015, Analisis Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Pada Pemerintah Kota Padang Tahun2014, Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti.
Alfita Rakhmayani, 2014, Studi Pemanfaatan Informasi Laporan Realisasi Anggaran Di Linkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah,Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Diponegoro.
Anastasia Friska Palilingan, Harijanto Sabijono, Lidia Mawikete,2015, Analisa Kinerja Belanja Laporan Realisasi Anggaran (LRA) pada Dinas Pendapatan Kota Manado, Jurnal.
Kusendang Mujirahayu,2014, Analisis Rasio untuk Mengukur Kinerja Pemerintah Kabupaten Grobokan Tahun Anggaran 2008-2014, jurnal.
Cherrya Dhia Wenny, 2012 ,Analisis Pengaruh Pendapatan pada Pemerintah Kabupaten dan Kota DI Propinsi Sumatera Selatan,jurnal.
Hendro Sumarjo, 2010, Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah (studi empiris pada pemerintah daerah kabupaten kota di Indonesia),jurnal.

Downloads

Published

2020-07-10

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.