PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP PENGAMBILAN RISIKO BERKENDARA PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR

Authors

  • Fadhil Sandy Pratama Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Ekasakti

Keywords:

Kepribadian, Big Five Personality, Kecelakaan

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara pengguna kendaraan bermotor terbanyak sebagai alat mobilisasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Data yang tercatat pada tahun 2018 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa jumlah kendaraan bermotor di Indonesia sebesar 146 juta kendaraan dan didominasi oleh sepeda motor sebanyak 120 juta kendaraan. Dengan berbagai macam karekteristik pengemudi yang ada di jalan. ada beberapa faktor – faktor yang dapat menjadi penyebab dari berbagai perilaku pengendara seperti kebiasaan yang dilakukan oleh pengemudi sehari – hari. Hal tersebut melatar belakangi
penulis dalam melakukan penelitian ini apakah kebiasaan sehari – sehari dapat menjadi faktor penyebab kecelakaan dalam berkendara. Dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor kepribadian, kegemaran dan kebiasaan dan mengidentifikasi pengemudi yang rentan berdasarkan kepribadian, kegemaran, dan kebiasaan. Data yang didapat dari kuesioner online dan kuesioner secara langsung dengan menggunakan pendekatan psikologi Big Five Personality yang dikemukakan oleh HEXACO. Dari hasil kuesioner tersebut akan diolah menggunakan tabulasi silang dengan metoda chi square. Hasil menunjukan trait conscientiousnes dan neuroticism, genre film favorit, musik favorit, jenis kelamin dan usia pengendara menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku dalam berkendara sehingga menjadi pemicu kecelakaan. Pengendara dengan trait conscientiousness dengan score rendah, penyuka genre film action, pengendara dengan kelompok usia dibawah 35 tahun, dan pengendara laki – laki merupakan kelompok yang rentan mengalami kecelakaan.

References

Arthur, W., & Graziano, W. G. (1996). The five-factor model, conscientiousness, and driving behavior. Personality and Individual Differences, 21(4), 577-589.

Britt, T. W., & Garrity, M. J. (2006). Concientiousness and accident involvement among heavy equipment operators. Journal of Safety Research, 37(4), 359-367.

Dahlen, E. R., & White, R. P. (2006). The Big Five factors, sensation seeking, and driving anger in the prediction of unsafe driving. Personality and Individual Differences, 41(5), 903-915.

Fauza, D, (2018). Identifikasi Aggressive Driving Pada Remaja Pengguna Sepeda Motor. Tugas Akhir. Universitas Muhammadiyah Malang.

https://psikodemia.com/perilaku-berkendara-tidak-aman-menurut-psikologi/ diposting 24 Juni 2019 diakses 23 Mei 2020 Jam 12.04

https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133

https://padangkota.bps.go.id/dynamictable/2018/10/29/247/jumlah-penduduk-menurutkecamatn-dan-jenis-kelamin-di-kota-padang-2010---2017-jiwa-.html e-ISSN: 2776-396X Vol. 4, No. 1, Mei 2024 61

http://roadattitude.com/2017/06/22/amarah-di-jalan-rayaroadrage/#:~:text=amarah%20di%20jalan%20raya%20atau%20yang%20biasa%20disebut%20road%20rage,pengemudi%20yang%20agresif%20atau%20pemarah.

Jonah, B. A. (1997). Sensation seeking and risky driving: A review and synthesis of the literature. Accident Analysis & Prevention, 29(5), 651-665.

Lajunen, T., & Parker, D. (2001). Are aggressive people aggressive drivers? A study of the relationship between self-reported general aggressiveness, driver aggression, and accident involvement. Accident Analysis & Prevention, 33(2), 243-255.

Matthews, G., Deary, I. J., & Whiteman, M. C. (2003). Personality traits. Cambridge University Press.

Schwebel, D. C., Severson, J., Ball, K. K., & Rizzo, M. (2006). Individual difference factors in risky driving: The roles of anger/hostility, conscientiousness, and sensation-seeking. Accident Analysis & Prevention, 38(4), 801-810.

Taubman-Ben-Ari, O., Mikulincer, M., & Gillath, O. (2004). The multidimensional driving style inventory—Scale construct and validation. Accident Analysis & Prevention, 36(3), 323-332.

Tasca, L. (2000). A Review Of The Literature On Aggressive Driving Research. Ontario, Canada: Ontario Advisory Group On Safe Driving Secretariat, Road User Safety Branch, Ontario Ministry Of Transportation

Julaiddin, J., & Prayitno, R. (2020). PENEGAKAN HUKUM BAGI PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN DALAM PEMBELAAN TERPAKSA. Unes Journal of Swara Justisia, 4(1), 33-38. https://doi.org/10.31933/ujsj.v4i1.144

Wickens, C. M., Wiesenthal, D. L., Roseborough, J. E., & Hall, A. (2012). Driver anger on the information superhighway: Linking online and driving aggression in a high anger sample. Accident Analysis & Prevention, 45, 248-253.

Downloads

Published

2024-11-07

How to Cite

Fadhil Sandy Pratama. (2024). PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP PENGAMBILAN RISIKO BERKENDARA PADA PENGENDARA SEPEDA MOTOR. Ekasakti Engineering Journal, 4(2), 53–61. Retrieved from https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/E-EJ/article/view/1204