MENERAPKAN KEGIATAN SUPERVISI KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU YANG MENGAJAR DI KELAS 8 MELAKSANAKAN MODEL–MODEL PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) KOTA PADANG PANJANG
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v3i2.1000Keywords:
Supervisi, Kemampuan Guru, Model-model PembelajaranAbstract
Dalam melaksanakan proses pembelajaran disekolah seorang guru hendaknya mampu memilih dan mendayagunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Pada umumnya guru jarang mengunakan model pembelajaran dalam setiap proses pembelajaran, karena kurangnya pemahaman guru terhadap model-model pembelajaran yang dapat memudahkan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas.Sebenarnya ada banyak model pembelajaran yang bisa dipakai oleh setiap guru dalam proses pembelajaran. Dengan mengunakan model-model pembelajaran yang sesuai, tentunya siswa akan termotivasi dalam belajar, dan ini akan berdampak positif pada hasil belajarnya.Pokok masalah dalam penelitian, yaitu “Apakah penerapan model-model pembelajaran melalui kegiatan supervisi kelas dapat meningkatkan kemampuan guru yang mengajar di kelas 8 MTSN Kota Padang Panjang?”. Penerapan model-model pembelajaran melalui supervisi oleh kepala sekolah terbukti berhasil meningkatkan kemampuan guru yang mengajar di kelas 8 MTSN Kota Padang Panjang dalam mengelola proses pembelajaran, bukan saja proses belajar siswa semakin bermakna tetapi juga hasil belajarnya meningkat.
References
Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru, SD, SLB, TK.Yrama Widya.Bandung
Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas.
Mantja, W. 2007. Profesionalisme Tenaga Kependidikan Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Elang Mas.
Nana Sudjana. 2012. Supervisi Pendidikan Konsep dan Aplikasinya bagi Pengawas Sekolah. Jakarta: Binamitra Publishing.
Purwanto, Ngalim. 2010. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.
Ritawati Mahyudin, 2008. Hand Out Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Padang : UNP
Sahertian, Piet A., 2000, Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Mengembangkan Sumber Daya Manusia, Jakarta : Rineka Cipta.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran.Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Winataputra, (1994), Belajar dan Pembelajaran, Penerbit Universitas Terbuka Depdikbud, Jakarta
Wiyono 2005 Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti: Depdikbud D2 LPTK.