PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN OPERASI BENTUK ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v1i1.165Keywords:
contextual teaching and learning, aljabarAbstract
Pembelajaran yang berorientasi pada penguasaan materi dianggap gagal menghasilkan peserta didik yang aktif, kreatif dan inovatif, sehingga perlu ada pendekatan pembelajaran yang lebih bermakna, yang penekanannya pada masalah-masalah aktual yang secara langsung berkaitan dengan kehidupan nyata yang ada di masyarakat. Dan pendekatan pembelajaran yang cocok sebagai solusi terhadap masalah di atas adalah pembelajaran kontekstual (CTL). Pendekatan Kontekstual (CTL) merupakan konsep belajar yang beranggapan bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alamiah, artinya belajar akan lebih bermakna jika anak “bekerja” dan “mengalami” sendiri apa yang dipelajarinya, bukan sekedar “mengetahuinya”. Pembelajaran tidak hanya sekedar mentransfer pengetahuan dari guru kepada siswa, tetapi bagaimana siswa mampu memaknai apa yang dipelajari itu. Oleh karena itu, strategi pembelajaran lebih utama dari sekedar hasil. Dalam hal ini siswa perlu mengerti apa makna belajar, apa manfaatnya, dalam status apa mereka, dan bagaimana mencapainya. Mereka menyadari bahwa apa yang dipelajari akan berguna bagi hidupnya kelak. Dengan demikian, mereka akan belajar lebih semangat dan penuh kesadaran.
References
SemarangAgustinadkk, Hertika. 2009. Makalah: PendekatanPembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning.
Contextual Teaching and Learning (CTL).Jakarta: Depdiknas Nurhadi. 2004.
Rosyidah, Fima. 2005. Artikel: Pengembangan KBK Melalui Strategi Pendekatan Kontekstual dan Pendekatannya dalam KBK
2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Iksan, Khairul. 2009. Peningkatan Proses Belajar Mengajar Melalui Strategi Pembelajaran Kontekstual.
Muslich, Masnur. 2009. Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual. Jakarta : Bumi Aksara.
Trianto,M.Pd.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep,Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta. Kencana Prenad Media Group.
Hamid, Huzaifah. 2010. Konsep Dasar Strategi Pembelajaran.
PP.Vermani.K.Arora dan Syamsuardi.2016. Matematika untuk SMP Kelas VII.Bogor.Quadra
Wono Setya Budhi,Ph.D.2016.Bupena Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII.Jakarta. Erlangga.