MENGEMBANGKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA BERBANTUAN MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v1i1.183Keywords:
HOTS, pembelajaran sastra, media sosialAbstract
Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan HOTS mahasiswa dalam pembelajaran sastra berbantuan media sosial. Kajian ini dilandasi tinjauan sistematis dari bahan-bahan pustaka yang relevan tentang pembelajaran sastra, pengembangan HOTS, dan media sosial. Ulasan komprehensif mengacu pada pengembangan kerangka konseptual yang dideduksi dari pengetahuan yang telah ada untuk menggali pemikiran dan gagasan baru. Hasil kajian menunjukkan bahwa HOTS mahasiswa, meliputi keterampilan menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan dalam pembelajaran sastra dapat dikembangkan melalui media sosial. Fasilitas media sosial yang dapat dimanfaatkan di antaranya, blog, wiki, facebook, jejaring sosial, WhastApp, dan YouTube. Pengembangan HOTS dalam pembelajaran sastra harus dilandasi dengan strategi pembelajaran berpusat pada mahasiswa, tujuan pembelajaran yang jelas, dan disesuaikan dengan tipe media sosial yang digunakan. Dengan demikian, HOTS mahasiswa dapat diasah melalui pembelajaran sastra yang difasilitasi media sosial.
References
Arnold, N., & Paulus, T. 2010. Using a Social Networking Site for Experiential Learning: Appropriating, Lurking, Modeling and Community Building. Internet and Higher Education, 13, 188-196. Retrieved from http://gru.edu/qep/documents/articles /using-social.pdf,
Baguma, Rehema dkk., 2019. Using WhatsApp in Teaching to Develop Higher Order Thinking Skills-a Literature Review Using the Activity Theory Lens. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology, (IJEDICT), 2019, Vol. 15, Issue 2, pp. 98-116,
Bosman, Lisa & Zagenczyk, Tom. 2011. Social Media Tools and Platforms in Learning Environments. New York: Springer
Brookhart, S. 2010. How to Assess Higher Order Thinking Skills in Your Classroom, ASCD.Retrieved from http://www.ascd.org/Publications/Books/Overview/How-to-Assess-Higher-Order-Thinking-Skills-in-YourClassroom.aspx,
Collins, R. 2014. Skills for the 21st Century: Teaching Higher-Order Thinking. Curriculum & Leadership Journal,12(14).
Crossland, J., 2015. Thinking Skills and Bloom's Taxonomy. Primary Science, 32-34.
Herawati, Desti Setia, dkk. 2019. Pengembangan Skenario Pembelajaran Berbasis PBL dan HOTS Teks Drama. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). Prodi Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lampung.
Hopson, M., Simms, R. & Knezek, G. 2014. Using a Technology-Enriched Environment to Improve Higher Order Thinking Skills. Journal of Research on Technology in Education, 34(2), 109-119.
Krathwohl, D. R. 2002. A Revision of Bloom’s Taxonomy: An overview. Theory into Practice, 41(4), 212-219 .
Lenhart, A., Purcell, K., Aaron, S., & Zickuhr, K. 2010. Social media & mobile Internet use among teens and young adults.Pew Internet & American Life Project. Retrieved from http://pewinternet.org/Reports/2010/ Social-Mediaand-YoungAdults.asp,
Markuši?1, Jela & Jakov Sablji?. 2019. Problem-Based Teaching of Literature. Journal of Education and Training Studies,Vol. 7, No. 4; April 2019, ISSN 2324-805X E-ISSN 2324-8068, Published by Redfame Publishing, URL: http://jets.redfame.com,
Malini, G., & Sarjit, K. 2014. ESL Students’ Perceptions of the use of Higher Order Thinking Skills in English Language Writing. Advances in Language and Literary Studies, 5(5), 80-87.
Ramadiah, Siti, dkk. 2019. Understanding, Planning, and Implementation of HOTS by Senior High School Biology Teachers in Banjarmasin-Indonesia. International Journal of Instruction January 2019, Vol.12, No.1, e-ISSN: 1308-1470. www.e-iji.net p-ISSN: 1694-609X, pp. 425-44, diakses 14 November 2020.
Seman, S. C., Yusoff, W. M. W., & Embong, R. 2017. Teachers Challenges inTeaching and Learning for Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Primary School. International Journal of Asian Social Science, 7(7), 534–545. https://doi.org/10.18488/journal.1.2017.77.534.545,
Sugiati, dkk. 2020. Desain Penelitian Kualitatif Sastra. Malang: UMM Press.
Yaumi, Muhammad. 2011. Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan, Vol. 14 No. 1 Juni 2011: 88-102, diakses 12 Okteober 2020.
Yee, M. H., Jailani, Y., Widad, O., Razali, H., & Tee, T. K. & Mimi, M. M. 2012. The Needs Analysis of Learning Higher Order Thinking Skills for Generating Ideas. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59 (10), 197-203.
Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.