PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI DI KELAS IV SDN 21 BANDAR BUAT KEC. LUBUK KILANGAN

Main Article Content

Kasmalaili Kasmalaili

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi dalam Pembelajran IPA adalah guru kurang mampu mengarahkan siswa untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri dari suatu permasalahan belajar, sehingga siswa kurang percaya diri, guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memiliki pengalaman dan melakukan percobaan, sehingga rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. AlurĀ  penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan yang terdiri atas empat tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 21 Bandar Buat Kec. Lubuk Kilangan . Data penelitian terdiri dari RPP, pelaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa, dan hasil belajar. Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pada: (a) RPP siklus I 75,00% (cukup = C), pada siklus II meningkat menjadi 92,86% (sangat baik = SB), (b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I 73,96% (cukup = C), pada siklus II menjadi 91,67% (sangat baik = SB). Pada aspek siswa siklus I 71,88% (cukup = C), pada siklus II menjadi 87,50% (baik = B), dan (c) hasil belajar siswa siklus I 70,03 (cukup = C), pada siklus II menjadi 85,30 (baik = B). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.

Article Details

How to Cite
Kasmalaili, K. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI DI KELAS IV SDN 21 BANDAR BUAT KEC. LUBUK KILANGAN. Ekasakti Educational Journal, 1(1), 208-215. https://doi.org/10.31933/eej.v1i1.297
Section
Articles

References

Depdiknas 2004. Kurikulum sekolah dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
_________ 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Dirjen Pendidikan Tinggi
Haryanto. 2007. Sains Jilid 4 untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta : Erlangga.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Perss
________2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : PT.Rajagrafindo Persada
Masnur Muslich. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara
___________. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara
Mulyasa. 2011. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan
Muslichah Asyari. 2006. Penerapan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sainis di SD. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'