PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE INKUIRI DI KELAS IV SD NEGERI 53 KURANJI
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v1i2.460Keywords:
Hasil Belajar IPA, Metode InkuiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode inkuiri di SD Hasil penelitian dalam a) perencanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan I dengan rata-rata 63,26%, siklus I pertemuan II yaitu 76,17%, jadi siklus I pertemuan II mengalami peningkatan dan siklus II adalah 83,33% peningkaytan sangat baik. b) pengamatan pembelajaran siklus I pertemuan I dari aspek guru yaitu 62,50%, siklus I pertemuan II yaitu 79,10% sehingga mengalami peninggkatan pada siklus II 95,23%, pada aspek siswa yaitu siklus I pertemuan I 62,50%, siklus I pertemuan II 79,16% sehingga mengalami peningatan pada siklus II 95,83% meningkat sangat baik, dan hasil belajar siklus 1 pertemuan 1 dengan rata-rata 63,39 dan siklus 1 pertemuan II dengan rata-rata 73,26, dan siklus II dengan rata-rata 84,20.
References
Anonim. 2006. Pendidikan Berbasis Inkuiri.(Online) (http:www.ctl.Utm.my//htm diakses tanggal 1 November 2018)
B. Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2008 . Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006/2008. Depdiknas Dirjen Mendikdasmen
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum 2004: Standar Kompetensi SD dan MI. Jakarta
Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo