PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS IV SDN 53 KURANJI KECAMATAN KURANJI
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v1i2.471Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran LangsungAbstract
Pelaksanaan pembelajaran IPA disesuaikan dengan langkah-langkah penggunaan model pembelajaran langsung yaitu: pada kegiatan awal yaitu menentukan tujuan, kegiatan inti disesuaikan dengan langkah-langkah pembelajaran langsung. Pada kegiatan akhir yaitu tindak lanjut dan evaluasi sesuai dengan materi yang telah dibahas dalam pembelajaran. Implementasi aspek guru pada siklus I pertemuan I memperoleh hasil 70% kategori baik dan siklus I pertemuan II 90% dalam kategori sangat baik. Pada siklus II terjadi peningkatan, dimana pada siklus II pertemuan I diperoleh hasil 90% dengan kategori sangat baik. Implementasi aspek siswa pada siklus I pertemuan I menghasilkan 65% dalam kategori kurang, dan pada siklus I pertemuan kedua 85% dalam kategori baik. Pada siklus II meningkat menjadi 90% dengan kategori sangat baik.
References
Trianto, (2009) mendesain Model Pembelajaran Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Aderusliana. 2007. Konsep Dasar Evaluasi dan Hasil Belajar. http://aderusliana.wordpress.com/2007/11/05 diakses 2 April2018.
Arikunto Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
------------. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asy’ari Maslichah. 2006. Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.
Budiningsih Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2006. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitattif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.