UJI INSTRUMEN PENGARUH BEASISWA BIDIKMISI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Authors

  • Dia Maysa Aulia Malta Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31933/eej.v1i2.472

Keywords:

Beasiswa Bidikmisi, Uji Instrumen, Prestasi Belajar

Abstract

Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan yang diberikan pemerintah kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi. Program ini bertujuan untuk menghidupkan harapan masyarakat kurang mampu. Calon penerima Program Bidikmisi ini sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam peraturan pemberian beasiswa bidikmisi, seseorang mahasiswa harus memiliki dorongan untuk berprestasi. Salah satu mengukur keberhasilan pelaksanaan program Bidikmisi dapat dilihat indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa, lulus tepat waktu, membuat proposal PKM, aktif dalam kegiatan organisasi, dan prestasi-prestasi lain yang telah diraih oleh mahasiswa Bidikmisi.

References

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman Program Beasiswa Bidikmisi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Pendidikan Karakter Teori dan Praktek, Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Nurmalisa, Yunisca. 2017. Pendidikan Generasi Muda. Yogyakarta: Media Akademi.
Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Rachmawaty, Dede Tiara. 2016. “Pengaruh Beasiswa Bidikmisi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.” Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variable Penelitian. Bandung: Alfabeta
Riduwan.(2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-07-30

How to Cite

Malta, D. M. A. . (2021). UJI INSTRUMEN PENGARUH BEASISWA BIDIKMISI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Ekasakti Educational Journal, 1(2), 307–312. https://doi.org/10.31933/eej.v1i2.472