PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SUB TEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU MELALUI MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV UPT. SD NEGERI 18 BARINGIN

Main Article Content

Maisuardi Maisuardi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menegtahui peningkatan hasil belajar Tema Indahnya Kergaman di Negriku Sub Tema Indanya Keragaman Budaya Negriku Melalui Model Make A Match Pada Siswa Kelas IV UPT. SD Negeri 18 Baringin Tahun Pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 24 siswa yaitu 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi , dan refleksi. Adapun Analisis data yang di lakukan adalah pengumpulan semua data kemudian dianalisis yang disajikan dalam bentuk tabel selanjutnya menguji keberhasilan penelitian dengan membandingkan hasil pengelolaan data dengan indikator keberhasilan setiap siklusnya.  Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Model Make A Macth dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPT. SD Negeri 18 Baringin Tahun Pelajaran 2021/2022. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II 20,83%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan siswa pada siklus I 66,67%, siswa tuntas belajar meningkat pada  siklus II 87,50% siswa tuntas belajar. Hasil tes akhir siklus 1 siswa memperoleh nilai rata-rata menjadi 73,33. Dan tes akhir siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,92.

Article Details

How to Cite
Maisuardi, M. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SUB TEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU MELALUI MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV UPT. SD NEGERI 18 BARINGIN. Ekasakti Educational Journal, 2(2), 130-141. https://doi.org/10.31933/eej.v2i2.609
Section
Articles

References

Afandi, Muhammad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Sultan Agung Press.
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.
A.M, Sardiman, 2004, Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.
Anurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabet.
Baharruddin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Cronbach, J.L. 1954. Educational Psychology. New York : Harcourt Book and Company.
Dimyati dan Mudjion. 2002 Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Fathurrohman, Muhammad. & Sulistyorini. 2018. Belajar & Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Kalimedia.
Handayani, Isriani dan Dewi Puspitasari. 2017. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia.
Hobri. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies.
Mappeasse, Yusuf. 2009. Pengruh Cara Motivasi Belajar dan Hasil belajar. Jakarta : PLC.
Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: PT Pustaka Baru Pers.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putro Widyoko, Eko. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Widodo, Rahmad. 2009. Model-Pembelajaran-Problem-Based-Introduction. (tersedia: http://wyw1d.wordpress.com/2009/11/06/Model Pembelajaran Problem Based Instruction).
Rasimin. 2012. Pembelajaran IPS. Salatiga : STAIN Salatiga Press.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme guru, Jakarta : Rajawali Press.
Saepudi, Edi dan Rusbandi, adi. 2002. Pedoman Guru mata Pelajaran Pendidikan IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta : Ciputat Press.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensido Offset.
Nana Sudjana 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung.
Sukmadinata, 2004, Belajar dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sumantri, Numan. (2019). Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : Rosda Karya.
Suyadi.2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Banguntapan. Jogjakarata: Diva Press.
Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Berkarya Offset.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorintasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Uno, Hamzah B, Nina Lamatenggo, dan Satria. 2012. Menjadi peneliti PTK yang profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Wasliman, Lim. 2015. Problematika Pendidikan Dasar. (Modul). Bandung: SPs-Upi.
Wena, Made. 2011. Strategi pembelajaran Inovatif kontemporer. Jakarta Timur : PT Bumi Aksara.