UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA SISWA KELAS V DI UPT. SD NEGERI 22 BARINGIN

Main Article Content

Eni Rosda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan  metode  tutor  sebaya  siswa  kelas  V  UPT. SD Negeri 22 Baringin. Pada mata pelajaran matematika siswa belum bisa mencapai KKM yang telah ditentukan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berkolaborasi dengan guru kelas V UPT. SD Negeri 22 Baringin. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPT. SD Negeri 22 Baringin yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes evaluasi dan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kwalitatif untuk memaparkan lembar observasi dan kuantitatif untuk memaparkan hasil nilai yang diperoleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPT. SD Negeri 22 Baringin. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi setelah melaksanakan metode tutor sebaya yaitu, siswa yang pandai membantu siswa yang kurang pandai untuk memahami pelajaran  matematika. Hasil belajar matematika mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 66,67% menjadi 90,91%. Siswa yang kurang berpartisipasi dalam kelompok didekati oleh guru dan diarahkan agar bertanya kepada tutor atau menanggapi pernyataan tutor sehingga seluruh siswa bisa memahami materinya. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Rosda, E. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA SISWA KELAS V DI UPT. SD NEGERI 22 BARINGIN. Ekasakti Educational Journal, 2(2), 148-162. https://doi.org/10.31933/eej.v2i2.610
Section
Articles

References

Amir Suyitno., ( 2004 ). Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang.
Amizatul, I. Rusijono.(2010). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar TIK. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Arif Rohman. (2009). Memahami Pendidika & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama Yogyakarta.
B. Simanjuntak dan Pasaribu (1983). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Eko Putro W (2012). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hadi Susanto. (2013). Pembelajaran Tutor Sebaya.
Lisnawaty Simanjuntak, dkk. (2001). Metode Mengajar Matematika Jakarta: Rineka Cipta.
Made Wana. (2009). Strategi pembelajaran inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Martinis Yamin. (2007). Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP.Jakarta: Gaung Persada Press.
Nana Sudjana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution. (2000). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Pandoyo dan Djoko Moesono. (1996). Matematika 1 Petunjuk Guru Sekolah Lanjut Ringkat Pertama Kelas 1. Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto. Ngalim.(2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusenffendi. (1993). Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud.
Robert M Gagne. (1988). Prinsip-Prinsip Belajar untuk Pengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Sardiman A.M. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soekartawi. (1995). Meningkatkan Efektifitas Mengajar. Jakarta: Pustaka Jaya.
Soenarja. (2008). Matematika 5 Untuk SD/MI Kelas V. Jakarta:Depdiknas.
Sugihartono, dkk.(2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suherman, E dkk. (2003). “Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer”. Bandung: UPI.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007).”Metode Penelitian Pendidikan” Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Sutratinah Tirtonegoro (2001). Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara.
Winkel, W. S. (2005). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grafindo.