PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV-B UPT. SD NEGERI 01 LIMO KAUM

Authors

  • Ratnawilis Ratnawilis a:1:{s:5:"en_US";s:27:"UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum";}

DOI:

https://doi.org/10.31933/eej.v2i2.611

Keywords:

Media Gambar, Kooperatif Tipe The Power of Two, Tematik

Abstract

Rendahnya  hasil belajar  dipengaruhi oleh banyak  faktor  salah satunya  adalah pemanfaatan media dan model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi pasif. Hal ini ternyata membuat siswa menjadi bosan dan kurang dapat menyerap materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar menjadi rendah. Salah satu alternatif media dan model pembelajan yang  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  dan  aktivitas  guru  serta  siswa  adalah dengan pemanfaatan media gambar dengan model pembelajaran the power of two. Jenis penelitian yang digunakan adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK).  Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI-B di UPT Sekolah Dasar Negeri 01 Limo Kaum yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi untuk siswa, serta Post test (tes akhir). Teknik analisis data dilakukan dengan dengan skor presentase. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh presentase 74 (Baik), pada siklus  II  mengalami  peningkatan  menjadi  93,75  (Baik  sekali).  Sedangkan aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh presentase 67,05 (Baik), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,90  (Baik sekali). Sedangkan hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada siklus I  hanya 24 peserta didik yang tuntas dengan persentase 68,57% dan  tidak  tuntas  11  siswa  dengan  persentase  31,43%,  sedangkan  pada  siklus  II mengalami peningkatan yaitu 32 peserta didik mencapai ketuntaasan dengan presentase 91,43% dan 3 peserta didik tidak tuntas dengan presentase 8,57%. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media gambar dengan model the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI-B di UPT Sekolah Dasar Negeri 01 Limo Kaum.

References

Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafinduo Persada.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arief S, Sadiman, dkk. 2003 Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali pers.
Arief S, Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali pers.
Cecep Kusnandi, Bambang Sujtipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Citra Aditya Bakti.
Isjoni. 2007. Coperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Pekanbaru: Alfabert.
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Gaung Persada.
Muhibbin, Syah. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos.
Nana Sudjana, 2001. Media Pengajaran, Jakarta : Sinar Baru Algensindo.
Perwanto, M. Ngalim. 2000. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Richard E Mayer. 2009. Multimedia Prinsip-prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Rochiati Wiriaatmadja, 2007. Metode Penelitian TIndakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subana, 1998. Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakaerta: Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif:Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (KTSP). Jakarta: Kencana.
Wilis Dahar, Ratna. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

2022-07-23

How to Cite

Ratnawilis, R. (2022). PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV-B UPT. SD NEGERI 01 LIMO KAUM. Ekasakti Educational Journal, 2(2), 163–177. https://doi.org/10.31933/eej.v2i2.611