PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV-B UPT. SD NEGERI 01 LIMO KAUM
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v2i2.611Keywords:
Media Gambar, Kooperatif Tipe The Power of Two, TematikAbstract
Rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah pemanfaatan media dan model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi pasif. Hal ini ternyata membuat siswa menjadi bosan dan kurang dapat menyerap materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar menjadi rendah. Salah satu alternatif media dan model pembelajan yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas guru serta siswa adalah dengan pemanfaatan media gambar dengan model pembelajaran the power of two. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI-B di UPT Sekolah Dasar Negeri 01 Limo Kaum yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi untuk siswa, serta Post test (tes akhir). Teknik analisis data dilakukan dengan dengan skor presentase. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh presentase 74 (Baik), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,75 (Baik sekali). Sedangkan aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh presentase 67,05 (Baik), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,90 (Baik sekali). Sedangkan hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada siklus I hanya 24 peserta didik yang tuntas dengan persentase 68,57% dan tidak tuntas 11 siswa dengan persentase 31,43%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 32 peserta didik mencapai ketuntaasan dengan presentase 91,43% dan 3 peserta didik tidak tuntas dengan presentase 8,57%. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media gambar dengan model the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI-B di UPT Sekolah Dasar Negeri 01 Limo Kaum.
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arief S, Sadiman, dkk. 2003 Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali pers.
Arief S, Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali pers.
Cecep Kusnandi, Bambang Sujtipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Citra Aditya Bakti.
Isjoni. 2007. Coperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Pekanbaru: Alfabert.
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Gaung Persada.
Muhibbin, Syah. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos.
Nana Sudjana, 2001. Media Pengajaran, Jakarta : Sinar Baru Algensindo.
Perwanto, M. Ngalim. 2000. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Richard E Mayer. 2009. Multimedia Prinsip-prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Rochiati Wiriaatmadja, 2007. Metode Penelitian TIndakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subana, 1998. Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakaerta: Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif:Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (KTSP). Jakarta: Kencana.
Wilis Dahar, Ratna. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga