PENERAPAN MODEL REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA BAGI SISWA KELAS VI-B UPT. SD NEGERI 01 LIMO KAUM
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v2i2.628Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Model RMEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi Pengelolahan Data sebelum penerapan model RME (Realistik Mathematics Education) bagi siswa kelas VI-B UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum. (2) Penerapan model RME (Realistik Mathematic Education) dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran matematika materi pengolahan data di kelas VI-B UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum. (3) Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pengolahan data sesudah menggunakan model RME (Realistik Mathematics Education) bagi siswa kelas VI-B UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum.. Jenis penelitian berupa PTK, dengan subjek penelitian kelas VI-B UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum terdiri dari 28 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) hasil belajar sebelum tindakan nilai rata-rata pada pre test adalah 72,86. Siswa yang tuntas adalah 42,86% (12 orang siswa). (2) hasil belajar siswa setelah penerapan Model RME (Realistik Mathematics Education) pada siklus I nilai rata-rata menjadi 78,57.atau sebanyak 64,29% (18 orang siswa) yang tuntas. Sedangkan nilai rata-rata siswa siklus II meningkat lagi menjadi 87,86 atau sebanyak 89,29% (25 orang siswa) yang tuntas belajar. .Dapat disimpulkan bahwa Model RME (Realistik Mathematics Education) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi pengelolahan data bagi siswa kelas VI-B UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum.
References
Semarang: UNISSULA PRESS.
Aunurrahman, 2013, belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Bakar. A. Rosdiana, 2012, pendidikan suatu pengantar, Bandung : Citapustaka
Media Perintis.
Djamarah . Bahri. Syaiful, Psikologi Belajar: Jakarta : Rineka Cipta.
Kunandar, 2011. Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan Profesi guru, jakarta; PT. Rajawali Pers.
Khadijah, 2016, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Ciptapustaka Media.Khon
Mustaqim, 2008, Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mardianto, 2014, psikologi pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
Perwanto, 2011, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta, Pustaka Belajar.
Risnawati. Dan. Amir, 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sudjana, Nana. 2015.Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar
Baru Algensindo.
Shoimin. Aris, 2018, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Suprijono . Agus, 2014, cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Soenarjo, 2007, Matematika 5 SD dan MI Kelas 5, Jakarta: Pusat Perbukuan.
Suharsimi , Arikunto, dkk, 2006, Penelitian Tindakan Kelas ,jakarta: Bumi
Aksara.
Trianto, 2009. Medesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Tirtonegoro, S. 2001, Anak supernormal dan program pendidikannya, jakarta: Bumi Aksara
Winarmi . Setyo .Endang, Dkk, 2016 Matematika Untuk SD, Bandung; PT Remaja rosdakarya.
Wahab . Rohmalina, 2016, Psikologi belajar, Jakarta, Rajawali Pers.