PENERAPAN MODEL REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA BAGI SISWA KELAS VI-B UPT. SD NEGERI 01 LIMO KAUM

Main Article Content

Meileni Meileni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)  Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi Pengelolahan Data sebelum penerapan model RME (Realistik Mathematics Education) bagi siswa kelas VI-B UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum. (2) Penerapan model RME (Realistik Mathematic Education) dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran matematika materi pengolahan data  di kelas VI-B UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum. (3) Hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pengolahan data sesudah menggunakan model RME (Realistik Mathematics Education) bagi siswa kelas VI-B UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum.. Jenis penelitian berupa PTK, dengan subjek penelitian kelas VI-B UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum terdiri dari 28 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) hasil belajar sebelum tindakan nilai rata-rata pada pre test adalah 72,86. Siswa yang  tuntas  adalah  42,86% (12 orang siswa).  (2)  hasil  belajar  siswa  setelah  penerapan Model RME (Realistik Mathematics Education) pada siklus I nilai rata-rata menjadi 78,57.atau sebanyak 64,29% (18 orang siswa) yang tuntas. Sedangkan nilai rata-rata siswa siklus II meningkat lagi menjadi 87,86 atau sebanyak 89,29%  (25 orang siswa) yang tuntas belajar. .Dapat  disimpulkan  bahwa  Model  RME  (Realistik  Mathematics Education) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi pengelolahan data bagi siswa kelas VI-B UPT. SD Negeri 01 Limo Kaum.

Article Details

How to Cite
Meileni, M. (2022). PENERAPAN MODEL REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA BAGI SISWA KELAS VI-B UPT. SD NEGERI 01 LIMO KAUM. Ekasakti Educational Journal, 2(2), 207-224. https://doi.org/10.31933/eej.v2i2.628
Section
Articles

References

Afandi . Muhammad, 2013, model dan metode pembelajaran sekolah.
Semarang: UNISSULA PRESS.
Aunurrahman, 2013, belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Bakar. A. Rosdiana, 2012, pendidikan suatu pengantar, Bandung : Citapustaka
Media Perintis.
Djamarah . Bahri. Syaiful, Psikologi Belajar: Jakarta : Rineka Cipta.
Kunandar, 2011. Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan Profesi guru, jakarta; PT. Rajawali Pers.
Khadijah, 2016, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Ciptapustaka Media.Khon
Mustaqim, 2008, Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mardianto, 2014, psikologi pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
Perwanto, 2011, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta, Pustaka Belajar.
Risnawati. Dan. Amir, 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sudjana, Nana. 2015.Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar
Baru Algensindo.
Shoimin. Aris, 2018, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Suprijono . Agus, 2014, cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Soenarjo, 2007, Matematika 5 SD dan MI Kelas 5, Jakarta: Pusat Perbukuan.
Suharsimi , Arikunto, dkk, 2006, Penelitian Tindakan Kelas ,jakarta: Bumi
Aksara.
Trianto, 2009. Medesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Tirtonegoro, S. 2001, Anak supernormal dan program pendidikannya, jakarta: Bumi Aksara
Winarmi . Setyo .Endang, Dkk, 2016 Matematika Untuk SD, Bandung; PT Remaja rosdakarya.
Wahab . Rohmalina, 2016, Psikologi belajar, Jakarta, Rajawali Pers.