PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA PENGALAMANKU MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS II UPT. SD NEGERI 20 BARINGIN

Main Article Content

Nelnialis Nelnialis

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  tematik tema pengalamanku siswa  kelas  II  UPT. SD Negeri 20 Baringin menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini  termasuk  jenis  penelitian  tindakan  kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas II  UPT. SD Negeri 20 Baringin yang berjumlah 26 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan  dalam dua siklus. Metode pengumpulan  data  yang digunakan yaitu: 1) tes,  2)  observasi, dan 3) dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis   deskriptif  kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian  ditandai adanya aktivitas siswa dalam merumuskan masalah, bertanya, diskusi, mengajukan gagasan, menentukan hipotesis, dan penyimpulannya. Selain itu  meningkatnya hasil belajar siswa mencapai KKM yaitu 80 dengan persentase minimal 85% dari keseluruhan siswa.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada tema pengalamanku dapat meningkatkan  hasil  belajar siswa kelas II  UPT. SD Negeri 20 Baringin. Hal ini dibuktikan hasil  belajar siswa yang mencapai KKM pada  pra  tindakan  50%, pada  siklus I menjadi 53,85%, pada siklus II menjadi 69,23%  dan pada siklus III menjadi 88,46% dengan nilai rata-rata siswa pada pra tindakan sebesar 64,23 pada siklus I menjadi 70,38, pada siklus II menjadi 76,54 dan pada siklus III menjadi 84,23.

Article Details

How to Cite
Nelnialis, N. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA PENGALAMANKU MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS II UPT. SD NEGERI 20 BARINGIN. Ekasakti Educational Journal, 2(2), 225-244. https://doi.org/10.31933/eej.v2i2.629
Section
Articles

References

Hamdayana, Jumannta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. (Bogor: PT Ghalia Indonesia).
Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. (Jakarta: PT Grafindo Persada).
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).
Sihabuddin. 2014. Strategi Pembelajaran. (Surabaya: UIN Sunan Ampel Press).
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: PT Grafindo Persada).
Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).
Suprijono.Agus, (2016), Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem,
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. (Jakarta: Kencana).
Wiriatmaja, Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. (Bandung: Remaja Rosda Karya).