PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA PENGALAMANKU MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS II UPT. SD NEGERI 20 BARINGIN
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v2i2.629Keywords:
Hasil Belajar Tematik, Model Kooperatif Tipe Think Pair ShareAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik tema pengalamanku siswa kelas II UPT. SD Negeri 20 Baringin menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas II UPT. SD Negeri 20 Baringin yang berjumlah 26 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ditandai adanya aktivitas siswa dalam merumuskan masalah, bertanya, diskusi, mengajukan gagasan, menentukan hipotesis, dan penyimpulannya. Selain itu meningkatnya hasil belajar siswa mencapai KKM yaitu 80 dengan persentase minimal 85% dari keseluruhan siswa.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada tema pengalamanku dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II UPT. SD Negeri 20 Baringin. Hal ini dibuktikan hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pra tindakan 50%, pada siklus I menjadi 53,85%, pada siklus II menjadi 69,23% dan pada siklus III menjadi 88,46% dengan nilai rata-rata siswa pada pra tindakan sebesar 64,23 pada siklus I menjadi 70,38, pada siklus II menjadi 76,54 dan pada siklus III menjadi 84,23.
References
Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. (Jakarta: PT Grafindo Persada).
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).
Sihabuddin. 2014. Strategi Pembelajaran. (Surabaya: UIN Sunan Ampel Press).
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: PT Grafindo Persada).
Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).
Suprijono.Agus, (2016), Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem,
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. (Jakarta: Kencana).
Wiriatmaja, Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. (Bandung: Remaja Rosda Karya).