UPAYA KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 3 PESISIR SELATAN UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v3i1.782Keywords:
Upaya Kepala Madrasah, Profesionalitas Guru, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Peran kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan di sebuah madrasah adalah menciptakan situasi yang memungkinkan guru dan peserta didik dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik. Terkait dalam upaya meningkatkan profesionalitas guru, kepala madrasah berperan penting dalam mendorong guru untuk melaksanakan penelitian. Penelitian tindakan kelas atau yang biasa disingkat dengan PTK sebenarnya berasal dari bahasa Inggris, yaitu Classroom Action Research. PTK dapat diartikan sebagai penelitian yang dilakukan oleh seorang guru di dalam kelasnya melalui sebuah tindakan dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajaran dan meningkatkan kinerja sebagai guru. Upaya meningkatkan mutu pendidikan dapat dilakukan secara kuantitas dan kualitas penelitian pendidikan yang juga harus ditingkatkan. Hal ini dikarenakan apabila kita menginginkan pendidikan kita maju dan berkembang maka penelitian pendidikan harus dilakukan guna mengatasi masalah-masalah yang terjadi dalam dunia pendidikan.
References
Jamil Suprihatiningrum. 2013. Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru, Jogjakarta: Ar-Ruzz Mediz.
Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 58 Tahun 2017 Tentang Kepala Madrasah
Nasib Tua Lumban Gaol. 2018. Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru, Jurnal Manajemen Pendidikan.
Arikunto, Suharsimi. 2012, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.
Sardiman. 1933. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Wahjosumidjo. 2005. Kepemimpinan Kepala Madrasah, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kunandar. 2007. Guru profesional implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi guru , Jakarta: Rajawali Pers.