PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENGAJAR MELALUI PENILAIAN PERENCANAAN, PROSES PELAKSANAAN DAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 05 VI SUKU

Authors

  • Karnaini SD SD Negeri 05 VI Suku

DOI:

https://doi.org/10.31933/eej.v3i1.858

Keywords:

Kinerja, Penilaian, Perencanaan, Proses Pembelajaran

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran melalui kegiatan penilaian kinerja guru di SD Negeri 05 VI Suku. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah seluruh di SD Negeri 05 VI Suku. Penelitian ini berlangsung selama tiga bulan, dari Juli 2022 s.d. September 2022.  Prosedur Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kinerja guru menyusun perencanaan pembelajaran sebelum ada penilaian kinerja dan setelah dilaksanakan penilaian kinerja, yaitu dari 68,56 dalam kriteria cukup, pada pelaksanaan siklus pertama meningkat menjadi 78,68 dalam kriteria cukup dan pada siklus kedua memperoleh nilai sebesar 84,81 dalam kriteria baik, dan peningkatan kinerja guru kegiatan pelaksanaan pembelajaran pada siklus I yaitu dari 63, 90 dalam kriteria kurang, pada pelaksanaan siklus pertama meningkat menjadi 76,46 dalam kriteria cukup dan pada siklus kedua memperoleh nilai sebesar 85,79 dalam kriteria baik Sekali. Begitu juga dengan cara guru mengevaluasi pembelajaran sebelum dilakukan penilaian kinerja 65,51 setelah siklus I menjadi 79,05 dan pada siklus kedua lebih baik lagi menjadi 86,06. Kesimpulannya kegiatan penilaian kinerja guru pada aspek perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi pembelajara terbukti dapat meningkatkan kinerja seluruhn gurudi SD Negeri 05 VI Suku.

References

Arikunto, Suharsimi. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

__________. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Badan Diklat Profesi Guru Sertifikasi Guru Rayon 11 DIY & Jateng, “Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)”.Tim PUDI Dikdasmen Lemlit UNY, Yogyakarta, 2007.

Badan Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang :”Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru”, Jakarta,2007.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1986 .Kurikulum Sekolah Dasar: Pedoman Pembinaan Guru. Jakarta. Depdikbud

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan, Jakarta, 2004.

Departemen Pendidikan Nasional 2004. “Perencanaan Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan

__________. 2008. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.74 tahun 2008 tentang Guru. Depdiknas: Jakarta.

__________. 2003. Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

__________. 2005. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

__________. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Depdiknas: Jakarta.

__________. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

E. Mulyasa. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar (2001), Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Bumi Angkasa

Madya, Suwarsih. (1994). Panduan Penelitian Tindakan. Seri Metodologi Penelitian. Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Muslich, Masnur. (2007). KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Seri Standar Nasional Pendidikan, Pedoman Bagi Pengelola Lembaga Pendidikan, Pengawas Sekolah, Pengawas Sekolah, Komite Sekolah, Dewan Sekolah dan Guru. Jakarta : Bumi Aksara

Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta. 2006

__________Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta. 2006.

__________Nomor 41 Tahun 2007 tentang :”Standar Proses”

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Edisi 2. Jakarta: Rajawali Press

__________. 2010. Manajemen Kurikulum. Edisi 3. Jakarta: Rajawali Press

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain System Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratama

Semiawan, Conny, 1985. Bagaimana Cara Membina Guru Yang Profesional. Jakarta. Depdikbud.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta

Uno, Hamzah. B. (2007) .Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Uzer Usman. Moh, Drs.2005. Menjadi Guru Profesional, PT Remaja Rosdakarya – Bandung

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Karnaini. (2023). PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENGAJAR MELALUI PENILAIAN PERENCANAAN, PROSES PELAKSANAAN DAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 05 VI SUKU. Ekasakti Educational Journal, 3(1), 20–35. https://doi.org/10.31933/eej.v3i1.858