PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS IX MTSN KURANJI PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v2i1.862Keywords:
Aktifitas, Model Pembelajar, Mind Mapping, BiologiAbstract
Permasalahan yang dihadapi oleh guru Biologi diMTsN Kuranji Padang adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar. Cara yang diperkirakan dapat membantu untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran adalah dengan melalui model pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran). Dengan adanya Model Pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran) kepada siswa diharapkan akan membuat semua siswa berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran), hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa yang ikut membawa / menyiapkan alat dan bahan pembuatan Mind map siklus I 79,99 % , siklus II 93,33 %, aktif mengajukan pertanyaan siklus I 63,33 %, pada siklus II 86,66 %, siswa yang aktif menjawab pertanyaan siklus I 41,66 %, siklus II 73,99 %, siswa yang mampu membuat Mind Map siklus I 63,33 %, siklus II 69,99 %, dan siswa yang memberikan tanggapan terhadap pendapat orang lain siklus I 36,66 %, siklus II 63,33 %, serta siswa yang memberikan pendapat untuk memecahkan masalah siklus I 33,33 %, siklus II 81,66 %. Berdasarkan data yang diperoleh selama pembelajaran dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping ( Peta Pikiran ) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil berlajar siswa.
References
_______.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Astutiamin, (2009), Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Peta Pikiran (Mind Mapping), http://astutiamin. wordpress.com/2009/11/26/meningkatkan-hasil-belajar-dan-kreativitas-siswa-melalui-pembelajaran-berbasis-peta-pikiran-mind-mapping/#more-30 (diakses 20 februari 2010).
Buzan, Tony. 2003. Use Both Sides of Your Brain. Surabaya : Ikon.
_______. 2005. Buku Pintar Mind Maps. Jakarta : Gramedia.
_______., (2007), Buku Pintar Mind Map Untuk Anak, Penerbit P.T Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Colin Rose dan Malcolm J. 2006. Accelered Learning. Bandung : Nusantara.
Dimyati, dkk. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Asdi Mahasatya.
Hidayati, lili. 2008. Strategi, Metode, dan Model Pembelajaran. Makalah disampaikan pada diklat guru mata pelajaran IPA MTs tingkat dasar Dep. Agama Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepri, Padang, 20 November.
Isnawati. 2000. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Kelompok Menggunakan Lembaran Kerja di SLTPN 4 Batipuh. PTK UNP.
Maryunis, Aleks. 2003. Action Research dalam bidang Pendidikan. Skolar. 4. ( 2 ) : 115-119.
Melvin, L. 2006. Active Learning. 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nusamedia
Nasution, S. 1995. Didaktik Azas-Azas Mengajar. Jakarta : Bumi Aks ara.
Siberman, M. 2009. Active Learning ( 101 Cara Belajar Siswa Aktive ). Jakarta : Nusamedia.
Sudjana, Nana. 1991. Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi. Universitas Indonesia.
Sugiarto,Iwan. 2004. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berfikir. Jakarta : : Gramedia.
Syamsudin, Abidin, Budiman, Nandang. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta : Universitas terbuka.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritik Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Winkel, W.S. 1966. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Grapindo.