PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI DISKUSI KELOMPOK DIIKUTI SPEED TEST PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII.1 DI MTSN KURANJI PADANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014-2015
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v2i1.864Keywords:
peningkatan, aktivitas, speed test, peserta didikAbstract
Pembaharuan dan perbaikan sistem pendidikan selalu di upayakan oleh pemerintah diataranya adalah pembaharuan di bidang kurikulum, peningkatan kemampuan guru serta menyediakan sarana dan prasarana pendidikan. Pemilihan strategi dan metode pembelajaran dalam mengajar sangat dibutuhkan karena berkaitan erat dengan materi yang diajarkan. Masalah kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran perlu diatasi dengan mengembangkan metode pembelajaran dalam pembelajaran di dalam kelas ada beberapa kumpulan motode pembelajaran yang umum digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran, diantaranya adalah diskusi umum (diskusi kelas), curah pendapat, diskusi kelompok, bermain peran, simulasi, sandiwara, demontsrasi, praktek lapangan dan permainan.
References
Djamarah, Bhari Syaiful. (2003). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta: Jakarta.
Djaafar, Zahara (2001). Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Padang: UNP
Dislock, Sirait (1989). Bahan Pengajaran untuk Mata Pelajaran Kuliah Evaluasi Hasil Belajar. Dirjen Dikti Dedikbud: Jakarta
Kusumah, Wijaya (2009). Metode-Metode Pembelajaran. Http://kompasiana. Sharing. Connecting
Moedjiono (1992). Strategi Belajar Mengajar. Diknas: Jakarta
Oemar, Hamalik (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta
Syaiful, Sagala (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung
Sardiman, A.M (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Subroto, B. Suryo (1996). Proses Belajar Mengajar di sekolah. Rineka Cipta: Jakarta
Sudjana, Naha (2002). Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar .Rosda: Bandung
Http: // Jurnal Kumpulan Metode Pembelajaran/ Pendampingan (2009) diakses tanggal 17 Juni 2011