UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN STRATEGI DRTA (DIRECTED READING-THINKING ACTIVITY) PADA KELAS IX 8 MTSN 5 KOTA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v2i1.865Keywords:
minat belajar, hasil belajar, Directed Reading-Thinking ActivityAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa. untuk mengatasi permasalahan tersebut guru menerapkan Strategi DRTA (Directed Reading-Thinking Activity). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX 8 MTsN 5 Kota Padang yang berjumlah 32 orang. Data penelitian diperoleh melaui observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan minat belajar siswa. pada siklus I siswa yang memiliki minat belajar berjumlah 67.9% dengan kategori Kurang Berminat, meningkat menjadi 86.7% dengan kategori Berminat pada siklus II. 2) Penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus jumlah siswa yang mencapai KKM hanya 59.4%. Setelah dilakukannya perbaikan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa. ketuntasan belajar pada siklus II adalah 84.4%.
References
Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Abu, Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rieka Cipta.
Agus. Suprijono (2009). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar. Al Rasyid
Ahmad. Susanto (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. (Jakarta : Kencana Prenadamedia Grup
Ahmad Sabri, 2005, Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Jakarta: Quantum Teaching.
Alek dan Achmad. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.Sugihartono dkk, 2007
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke. Cipta.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1990). The action research planner. Australia: Deakin University.
Kurniawan. (2008). Bahaya Narkoba dan Alkohol. Bandung: Nuansa.
Muhibbin Syah. (2003). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Purwanto Ngalim 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Roesdakarya.
Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar.Jakarta : PT. Bumi Angsara.
Resmini, N. Dan Hartati, T. (2006). Kapita Selekta Bahasa Indodenesia. Bandung: UPI Press.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta
Stauffer, C . 1996. Bailey’s Industrial oil and Fat Products. John Wiley & Sons, Inc. New York, USA
Sugihartono dkk, (2007). Psikologi Pendidikan, Yogyakarta : UNY Press.
Walgito. 2010. Pengantar Psikolog Umum. Yogyakarta: C.V Andi. Offset.
Witherington. (1952). Kecakapan Belajar Siswa. Jakarta : PT. Raja Grafindo.