MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN CARD SORT PADA SISWA KELAS VIII MTSN 5 KOTA PADANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Eviniarti MTsN 5 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31933/eej.v2i1.867

Keywords:

keaktifan belajar, hasil belajar, teknik pembelajaran, card sort

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia ternyata telah mengalami banyak perubahan. Pada hakekatnya kegiatan belajar mengajar adalah suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam satuan pembelajaran. Guru sebagai salah satu komponen dalam proses belajar mengajar merupakan pemegang peran yang sangat penting. Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor, di antaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa.

References

Arikunto,S. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar,S. 1998. Tes Prestasi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. 1966. Garis-Garis Besar Program Pengajaran. Jakarta: Depdikbud.

_______.1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Moleong,L.J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soedarsono,F.X. 1987. Pedoman Pelestarian PTK. Yogyakarta: Dikti.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Syah,M. 2005. Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syamsi,K. 2000. Makalah Penyusunan Proposal PTK. Yogyakarta: Disampaikan pada pelatihan Demand Driven di SLTPN 1 Sewon, September 2001.

Usman,M.U. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wiriaatmadja,R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zaini,H. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD (Center for Teaching Staff Development) IAIN Sunan Kalijaga.

Downloads

Published

2022-02-03

How to Cite

Eviniarti. (2022). MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN CARD SORT PADA SISWA KELAS VIII MTSN 5 KOTA PADANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Ekasakti Educational Journal, 2(1), 93–110. https://doi.org/10.31933/eej.v2i1.867