MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IX. 5 DENGAN ROLE PLAY YANG MERUPAKAN SUATU ALTERNATIF YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN DI MTsN KURANJI PADANG

Authors

  • Siti Aida MTsN 5 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31933/eej.v1i2.873

Keywords:

keterampilan berbicara, role play, alternatif, efektif

Abstract

Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris di kelas banyak difokuskan pada keterampilan membaca (reading). Sementara itu, keterampilan lain utamanya keterampilan berbicara (speaking) tidak banyak mendapatkan perhatian. Pembelajaran keterampilan speaking disajikan sebatas pada penjelasan-penjelasan mengenai fungsi ungkapan-ungkapan bahasa, tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperaktikkan ungkapan-ungkapan itu. Dalam memberikan Role Play sebagai kegiatan pembelajaran bahasa Inggris, guru sebaiknya memperhatikan level siswa, utamanya pada pemilihan materi.

References

Bobby DePorter, dkk. 2000. Quantum teaching. Bandung: Kaifa.

Bobby DePorter dan Mike Hemacki, dkk. 2000. Quantum learning. Bandung: Kaifa.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. GBPP bahasa Inggris SLTP 1994. Jakarta: Bidang Dikmenum Kanwil Dikbud Propinsi Jawa Timur.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Contextual teaching and learning. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama

Hadfield, J. 1986. Harap's communication games. Australia: Thomas Nelson and Son Ltd.

Hasman, M. A. 2000. The importance of English. Washington: English Teaching Forum.

Mulyasa, E. 2002. Kurilculum berbasis kompetensi: Konsep, karakteristik, dan implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sardiman A.M. 2001. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Downloads

Published

2021-07-30

How to Cite

Aida, S. . (2021). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IX. 5 DENGAN ROLE PLAY YANG MERUPAKAN SUATU ALTERNATIF YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN DI MTsN KURANJI PADANG. Ekasakti Educational Journal, 1(2), 320–329. https://doi.org/10.31933/eej.v1i2.873