PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI INDAHNYA BERPUISI MELALUI PEMBELAJARAN SAINTIFIK SISWA KELAS VII MTsN 05 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v1i2.876Keywords:
Hasil Belajar, SaintifikAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Indahnya Berpuisi Melalui Pembelajaran Saintifik Siswa Kelas VII MTsN 05 PADANG. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Pembelajaran Saintifik dapat Meningkatkan Hasil Belajar Materi Indahnya Berpuisi Siswa Kelas VII MTsN 05 PADANG. Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan Pembelajaran Saintifik untuk meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka dihaharapkan guru lebih membuat Pembelajaran Saintifik yang lebih menarik dan bervariasi.
References
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media
Depdiknas. 2003.UU RI No.20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
--------------. 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas
--------------.2005. PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
-------------. 2007. Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas
-------------. 1999. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan. Jakarta: Depdikbud
Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. UNESA: University Press.
Kemdiknas.2011.Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Kemdiknas
-------------. 2011. Paikem Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Kemdiknas
Kosasih, M. 2018. Bahasa Indonesia kelas 8. Solo: Intan Pariwara
Ngalim, Purwanto. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Ngalim, Purwanto. 2003. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung:PT Remaja Rosda Karya
Sudjana, Nana. 2012. Tujuan Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Suyatno. 2009. Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL. Surakarta: Tiga Serangkai