PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI TEKS EXPLANATION DENGAN DOWN PAYMENT SCORING (DPS) SISWA KELAS VIII DI MTSN 2 PESISIR SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v3i1.879Keywords:
Hasil belajar teks explanation, Down Payment ScoringAbstract
Permasalahan pada penelitian tindakan kelas ini adalah : Apakah Down Payment Scoring (DPS) sebagai teknik pengelolaan nilai dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas VIII di MTsN 2 Pesisir Selatan semester 2 dalam teks explanation?, Tujuan penelitian ini adalah : untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas VIII di MTsN 2 Pesisir Selatan, semester 2 dalam teks explanation. Manfaat penelitian ini diantaranya (1) bagi siswa yaitu meningkatkanya motivasi dan hasil belajar teks explanation siswa, (2) bagi guru yaitu dapat menemukan cara pengelolaan penilaian yang tepat untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar teks explanation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa meningkat secara signifikan dari Prasiklus 13,33 % menjadi 56,67 % pada Siklus I dan meningkat lagi menjadi 76,67 % pada Siklus II. Sedangkan hasil belajar memahami teks explanation meningkatan secara signifikan dari 57 % (17 siswa) tuntas pada tahap Prasiklus menjadi 80 % (24 siswa) tuntas pada Siklus I dan meningkat menjadi 97 % (29 siswa) tuntas pada Siklus II. Pencapaian target nilai juga naik dari 8 siswa (32%) menjadi 15 siswa (52%) pada Siklus II. Dengan demikian, hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian tindakan kelas ini ”Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Teks Explanation di Kelas VIII di MTsN 2 Pesisir Selatan Semester 2”.
References
Dalyono, Drs. (2005), Psikologi Pendidikan, Jakarta: C.V. Rajawali
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1999) , Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka
Djamarah, Syaiful Bahri (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya : Usaha Nasional
Doddy, Achmad. ( 2008), Developing English Competencies, Jakarta: Pusat Perbukuan
Furqon. (1999 ). “Sistem Penilaian Kelas Untuk Meningkatkan Mutu KBM”. Buletin pengujian dan penilaian pendidikan. Maret. (6-11).
Gronlund, N. E., & Linn, R. L. (1990). Measurement and Evaluation in Teaching (6th ed). New York: Macmillan.
Nasution, S. , (1995), Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara
Purwanto, Ngalim. (1998) Psikologi Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya,
Sardiman A.M (1990) , Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : C. V. Rajawali
Slameto (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta,
Stiggins, R. J. (1994). Student- centered classroom assessment. New York: Macmillan
Sudarwati, M. (2006). Look ahead , Jakarta: Erlangga
Winkel, WS (1986). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta : PT. Gramedia
www.businessdictionary.com