MENGGUNAKAN TEKNIK MODEL PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENUMBUHKAN KESIAPAN UNTUK MENYIMPULKAN ISI BACAAN CEPAT PADA SISWA KELAS IX MTSN 2 PESSEL
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v3i1.881Keywords:
Teknik Model, Pembelajaran, Menyimpulkan, isi, Bacaan CepatAbstract
Mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan cuma itu, guru perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Latihan membaca dalam proses belajar mengajar dengan teknik model pembelajaran lebih mudah ditangkapi oleh siswa kelas IX MTsN 2 Pessel. Selama kegiatan ini berlangsung, terlihat adanya kesungguhan dari anak-anak untuk mengikuti pelajaran. Hasil monitoring secara kuantitatif menunjukkan bahwa 75 % anak-anak mampu membaca lancar sehingga mengajak siswa kelas IX MTsN 2 Pessel latihan memyimpulkan isi bacaan dengan teknik model pembelajaran terbukti mampu menumbuhkan minat baca anak sejak sekarang.
References
Dave Meier. 2002. The Eccelerated Learning.Bandung : Kaifa.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002. Petunjuk Pelaksanaan Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. GBPP Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kebijakan Direktorat pendidikan TK dan SD tahun 2002. Jakarta
Doman, Glenn,1985, Ajaklah Balita Anda Belajar Membaca. Yayasan Essentia Medica, Yogyakarta.
Gordon Dryden dan Jeannette Vos.2001. Syair Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung : Kaifa
Rochmat Wahab, 1996. Pendidikan Anak Berkat di Usia SD . Artikel dalam Sehari yang Diselenggarakan oleh PGSD I Bina Insan Mulia, Yogyakarta
Yulia Ayriza dkk, 2000,Menumbuhkan Kesiapan Membaca Anak SD melalui Latihan Kesadaran Fonologis dengan Lagu Kanak-kanak Bersilabel dan Berfonem. Laporan penelitian, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.